Proceedings Series of Educational Studies
2023: Proceeding of International Seminar Indonesia-Malaysia 2023

Systematic Literature Review: Implementasi Layanan Bimbingan Karir dalam Kurikulum Merdeka dengan Memanfaatkan Internet of Things (IoT)

Yani Sahendra (Universitas Negeri Yogyakarta)
Hayani Hayani (Universitas Negeri Yogyakarta)
Panji Nur Fitri Yanto (Universitas Negeri Yogyakarta)
Budi Astuti (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Bimbingan karir merupakan salah satu jenis bidang layanan pada bimbingan dan konseling yang berfokus dalam membantu individu agar tercapai pemahaman diri secara utuh dan mencegah munculnya permasalahan akan karir. Dalam perancangan program bimbingan karir menyesuaikan kurikulum yang berlaku, pada saat ini kurikulum terbaru adalah kurikulum merdeka. kurikulum ini dirancang untuk mewujudkan pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Sebagai upaya mendukung pelaksanaan program dan mengikuti perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0, konselor memanfaatkan Internet of Things (IoT), IoT adalah pemanfaatan internet untuk segala hal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi layanan bimbingan karir dalam kurikulum merdeka dengan memanfaatkan Internet of Things.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengkaji beberapa literature seperti jurnal dan modul. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, komprehensif, dan konstruktif maka peneliti tidak membatasi akan tahun, subjek penelitian, tingkat pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Internet of Things sangat membantu dalam pelaksanaan layanan bimbingan karir dalam kurikulum merdeka seperti mempermudah asesmen karir (Viacharacter.org, Temubakat.com, Bacabakat.com, Career e-Counseling, dan Digital Module) mempermudah pelaksanaan bimbingan karir seperti pemanfaatan media sosial (whatsapp, zoom meeting, dll), adanya peningkatan pemahaman siswa akan karirnya, dan konselor cenderung lebih inovatif dan kreatif dalam pemberian layanan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pses

Publisher

Subject

Education

Description

The proceedings series Proceedings of Educational Study Seriesaims to publish proceedings from conferences on the theories and methods in fields of ...