Jurnal Pengabdian Multidisiplin Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2023): Oktober

PELATIHAN METODE PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN METODE EXAMPLE-NON-EXAMPLE KEPADA GURU BAHASA INGGRIS SMP PGRI 4 BANDAR LAMPUNG

Berlinda Mandasari (Universitas Teknokrat Indonesia)
Lulud Oktaviani (Unknown)
Nia Noviana (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2023

Abstract

Model pembelajaran Example-Non-Example merupakan model pembelajaran kooperatif luas (Suprijono, 2009) dalam Kurniawati dan Trisnawati (2020). Siswa dapat dengan mudah menemukan dan memahami konsep-konsep yang sulit dipahami sehingga dapat mendiskusikan permasalahan tersebut dengan rekannya. Model ini bertujuan untuk mendukung siswa dalam belajar berpikir kritis melalui penyelesaian masalah yang terdapat pada gambar keteladanan. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa dengan penerapan model ini pembelajaran bahasa Inggris siswa mengalami peningkatan, pemahaman meningkat sebesar 23,94, kreativitas meningkat sebesar 32,36, aktivitas meningkat sebesar 28,95, motivasi meningkat sebesar 24,05, dan minat meningkat. meningkat sebesar 26,35. Pelatihan ini memberikan dampak positif bagi siswa karena hasil belajarnya pada pembelajaran bahasa Inggris mulai meningkat dengan bantuan metode Example-Non-Example. Minat dan antusiasme siswa terhadap materi terlihat dari peningkatan hasil belajarnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jupemi

Publisher

Subject

Arts Economics, Econometrics & Finance Education Electrical & Electronics Engineering Social Sciences

Description

Publikasi Jurnal Pengabdian Multidisiplin Indonesia (JUPEMI) bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran atau gagasan konseptual dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang pengabdian masyarakat serta menyediakan wadah bagi para peneliti nasional di bidang sosial dan eksakta untuk menerbitkan ...