Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

PEMBINAAN ETIKA SOPAN SANTUN SISWA DI KELAS X MELALUI PEMBELAJARAN PPPKN DI SMA NEGERI 2 ONOHAZUMBA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Mei Pasrah Kristin Lombu (Universitas Nias)
Hendrikus Otniel Nasozaro Harefa (Universitas Nias)
Adrianus Bawamenewi (Universitas Nias)
Amstrong Harefa (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PPkn dalam pembinaan etika sopan santun siswa di kelas X melalui pembelajaran PPkn di SMA Negeri 2 Onohazumba tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. adapaun tujuan pengguanan pendekatan deskriptif adalah menggambarkan proses dari pelaksanaan penelitian yang di awali dengan observasi. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian itu sendiri dengan menggunakan handpone sebagai alat untuk merekam semua pembicaraan, hasil gambar sebagai bukti nyata dan buku catatan yang berfungsi untuk mencatat percakapan dengan sumber data atau informa. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian dan pembahasan disimpulkan pertama, pembinaan etika sopan santun cukup berkesinambungan dengan baik antara bapak dan ibu guru serta siswa. Pelaksanaan pembinaan etika sopan santun terhadap peserta didik diajarkan melalui kegiatan-kegiatan di sekolah maupun melalui proses pembelajaran melalui mata pelajaran PPKn dengan mataeri pembinaan etika sopan santun, hal ini juga mempunyai pengaruh dalam pembentukan moral peserta didik yang semakin menjadikan lebih taat dan bisa bertangung jawab atas perbuatannya masing-masing dan mendapat nilai etika serta nilai religius sehingga dapat menjadikan pribadi peserta didik yang lebih baik kedepannya. kedua, adapun kendalan dalam pembinaan etika sopan santun melalui pembelajaran PPKn yaitu karakteristik siswa yang berbada-beda, kurangnya pemahaman siswa tentang perilaku sopan santun dan kurangnya penanaman etika sopan santun di lingkungan keluargan yang berperan. ketiga upaya selama melakukan penelitian adapun temua yang di peroleh melalui wawancara yaitu hambatan atau kendala dalam pembinaan melalui pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...