Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS V UPTD SD NEGERI 122365

Pebri Ester Jelita Dohare (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Rio Parsaoran Napitupulu (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Theresia Monika Siahaan (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 6 Panas Dan Perpindahannya Kelas V UPTD Sd Negeri 122365 Jalan Ade Irma. Metode penelitian One Group Pretest-Posttest Design ini dilakukan terhadap satu kelas tanpa adanya kelas kotrol. Penelitian ini disesuaikan dengan tujuan hendak dicapai, yaitu menguji dalam pembelajaran subtema 2 Perpindahan Kalor di Sekitar Kita. Pengambilan sampel dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara simple (sederhana) karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan setara yang ada dalam populasi itu. Jadi yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah Kelas V UPTD SD Negeri 122365 Jalan Ade Irma yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini digunakan alat pengumpulan data yaitu Pretest dan Posttest, Pretest dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dan Posttest dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model Talking Stick. Berdasarkan Uji-t score digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sebelum dan ssesudah dilakukannya pembelajaran dengan kategori yang telah ditentukan maka diperoleh Uji-t score 0,05 dengan kategori sedang, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Talking Stick terhadap hasil belajar pada Tema 6 Panas Dan Perpindahannya kelas V UPTD Sd Negeri 122365 Jalan Ade Irma. Maka berdasarkan hasil Uji-t score Ho ditolak dan Ha diterima yang menandakan bahwa adanya pengaruh Model Talking Stick yang signifikan terhadap hasil belajar pada Tema 6 Panas Dan Perpindahannya Kelas V UPTD Sd Negeri 122365 Jalan Ade Irma

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...