Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Inprogress Volume 7 No 3 Tahun 2024

MENINGKATKAN AKTIVITAS, PEDULI SOSIAL, DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL BERANI DI SEKOLAH DASAR

Mawahesa Eklima (Universitas Lambung Mangkurat)
Fathul Jannah (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, peduli sosial, dan hasil belajar peserta didik pada muatan PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas pendidik, peningkatan aktivitas, peduli sosial, dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas IV SDN Mawar 2 Banjarmasin pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi untuk hasil belajar peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase. Berdasarkan temuan penelitian ini, aktivitas pendidik meningkat pada setiap pertemuan hingga mencapai skor 28 pada pertemuan 4 yang memenuhi kriteria “Sangat Baik”. Pada setiap pertemuan, aktivitas peserta didik meningkat hingga mencapai 96% dengan kriteria “Sangat Aktif” pada pertemuan 4. Peduli sosial meningkat pada setiap pertemuan hingga mencapai 92% pada pertemuan 4 dengan kriteria “Sangat Tinggi”. Dan hasil belajar peserta didik meningkat pada setiap pertemuan hingga mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model BERANI dapat meningkatkan aktivitas, peduli sosial, dan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...