AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 3 No. 2 (2020): JUNI

PENGARUH METODE MURAJA’AH JAMA’I TERHADAP KUALITAS HAFALAN ALQUR’AN

Amrin Apriadin (Universitas Djuanda)
Hasan Bisri (Universitas Djuanda)
Zahra Khusnul Lathifah (Universitas Djuanda)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode muraja’ah jama’i terhadap kualitas hafalan Alqur’an. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu tingginya animo masyarakat yang ingin memasukkan anak-anaknya di lembaga pendidikan tahfidz, sedangkan dilapangan didapati  banyak lembaga tahfidz yang hanya fokus kepada kuantitas hafalan Alqur’an saja, sedangkan untuk kualitas hafalan Alqur’an tidak terlalu di programkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitaf eksperimen. Desain penelitian menggunakan posstest only control group design. Santri dibagi menjadi 2 kelas treatment, kelas pertama sebagai kelas eksperimen dan kelas kedua sebagai kelas kontrol. Setiap kelas mendapatkan 4 kali treatment dan 1 kali posstest. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan tes lisan posstest. Adapun pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t-test menggunakan independen simple t-test untuk membadingkan kualitas hafalan Alqur’an santri yang kelas eksperimen dan santri kelas kontrol. Berdasarkan hasil pembahasan tentang metode muraja’ah jama’i yang berpengaruh terhadap kualitas hafalan Alqur’an, peneliti mengambil simpulan bahwa metode muraja’ah jama’i sangat efektif diterapkan pada lembaga pendidikan tahfidz, hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data uji independent sampel t-test pada taraf siginfikansi 5% pada kualitas hafalan Alqur’an, diperoleh nilai signifikansi hitung lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,001, maka nilai sig. < 0,05 (0,001 < 0,05). Selain itu, dapat didukung juga dengan hasil rata-rata kualitas hafalan Alqur’an yang diperoleh, pada kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata sebesar 93,08 dan pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata sebesar 82,15.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...