Analisis ini bertujuan agar mengetahui kompetesni manajemen kepala sekolah dalam usaha menaikkan kualitas perpustakaan sebagai sumber belajar di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama. Metode analisis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi serta kuesioner. Teknik analisis data menggunakan Miles Huberman melalui komponen analisis berupa reduksi data. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber serta teknik. Hasil analisis kompetensi manajemen kepala sekolah dalam upaya meningkatakan kualitas perpustakaan sebagai sumber belajar Sekolah Dasar Islam Terpadu Insantama Bogor. Menyatakan bahwa implementasi kompetensi manajemen kepala sekolah dalam uapaya meningkatakan kualitas perpustakaan sebagai sumber belajar dengan cara menempatkan keahlian seseorang (SDM) yang berkompeten dalam bisertagnya, pengembangan keahlian seseorang (SDM) melalui kegiatan pelatihan-pelatihan kepustakaan, serta beberapa kebijakan yang diberlakukan agar guru melalui rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sebagai salah satu upaya kepala sekoalah agar menaikkan kualitas kualitas perpustakaan sebagai sumber belajar. Pengelolaan administratif yang meliputi perencanaan anggaran, pengadaan kumpulan buku, kategorisas buku, input buku, pelayanan serta mengoptimalkan fungsi perpustakaan sebagai salah satu upaya dalam meningkatakn kualitas sebagai sumber belajar.
Copyrights © 2023