Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 6 (2023)

Hubungan Literasi Lingkungan dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan

Yuliastrin, Adisti (Unknown)
Vebrianto, Rian (Unknown)
Ilhami, Aldeva (Unknown)
Lilandariati, Fadhillah (Unknown)
Berlian, Mery (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana  literasi lingkungan dan berpikir kritis berhubungan dengan kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan zat berbahaya bagi lingkungan. Tinjauan ini merupakan tinjauan sistematis berdasarkan metode PRISMA (Selected Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analysis). Tinjauan literatur sistematis adalah metode untuk mengevaluasi, mendefinisikan, dan menafsirkan semua hasil yang terkait dengan masalah penelitian sebagai jawaban atas pertanyaan spesifik. Tinjauan literatur ini dilakukan untuk mendapatkan publikasi artikel ilmiah sejak tahun 2018-2023 yang membahas hubungan literasi lingkungan dan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 3 artikel yang layak untuk dianalisis lebih lanjut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat beberapa materi IPA yang diterapkan dalam mengukur hubungan literasi lingkungan dan berpikir kritis diantantaranya pencemaran lingkungan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara literasi lingkungan dan berpikir kritis siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...