Penggunaan bahan ajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap proses pembelajaran. Ketersediaan media pembelajaran sebagai jembatan interaksi siswa dengan materi terbuka mungkin dapat membantu ketidakjelasan isi. Media yang menggunakan komponen suara dan visual untuk membantu pemahaman siswa disebut media audio visual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media audio visual pada siswa sekolah dasar usia 6 sampai 8 tahun di kelas 1-3., yang termotivasi mengikuti pendidikan agama Islam. Penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik eksperimen semu (quasi-experimental) merupakan metodologi yang digunakan. Desain pretest-posttest dengan satu kelompok digunakan dalam penelitian ini. Dua puluh anak muda, yang terbagi antara Madrasah Ibtidaiyah dan kelas 1-3 sekolah dasar, dijadikan sebagai subjek penelitian. Ho disetujui sedangkan Ha ditolak berdasarkan temuan uji t sampel berpasangan yang menunjukkan nilai p (0,577) lebih besar dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat sedikit variasi yang terlihat pada skor rata-rata yang diperoleh sebelum dan sesudah menonton video pembelajaran tentang rukun agama dan Islam.Temuan penelitian ini menjadi kelanjutan bagi peneliti untuk mengimplementasikan media audio dengan maksimal dan pengambilan sampel penelitian lebih luas sehingga dapat merepresentasikan hasil
Copyrights © 2024