Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 2 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Kajian Sosiologi dan Antropologi tentang Perilaku Berpacaran Remaja

Fritz Hotman Syahmahita Damanik (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2024

Abstract

Fenomena berpacaran remaja menjadi pusat perhatian karena memegang peranan penting dalam pembentukan identitas dan hubungan interpersonal di masa-masa awal kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pemahaman mendalam mengenai perilaku berpacaran remaja dengan memanfaatkan pendekatan sosiologi dan antropologi berdasarkan berbagai literatur. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur. Data diperoleh melalui pencarian pada Google scholar dengan rentang waktu 2019-2024. Pencarian dilakukan dengan kata kunci “sosiologi remaja”, “kajian antropologi remaja”,dan “gaya pacaran remaja”. Hasil literatur yang diperoleh selanjutnya dianalisis meliputi tahapan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan untuk memberikan pemahaman komprehensif terhadap temuan. Hasil kajia menunjukkan konteks sosial dan budaya memainkan peran sentral dalam membentuk perilaku berpacaran remaja. selain itu, perubahan zaman dan kemajuan teknologi memodifikasi pola hubungan percintaan remaja, terutama dalam hal komunikasi digital. Kajian sosiologi dan antropologi mengenai perilaku berpacaran remaja memberikan landasan bagi pemahaman yang lebih baik tentang dinamika hubungan percintaan remaja dalam konteks kompleks yang melibatkan interaksi berbagai faktor sosial dan budaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...