Jurnal Ilmiah Global Education
Vol. 3 No. 1 (2022): JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION, Volume 3 Nomor 1, Juni 2022

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA

Ermila Mahariyanti (Institut Pendidikan Nusantara Global)
Irwansah Irwansah (Institut Pendidikan Nusantara Global)
Fena Prayunisa (Institut Pendidikan Nusantara Global)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model Pembelajaran Treffinger terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian ini menggunakan dua perlakuan, yaitu perlakuan pertama berupa penggunaan model pembelajaran Treffinger dan perlakuan lainnya menggunakan pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru. Terdapat satu variabel terikat yang diamati, yaitu keterampilan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 3 Selong dan yang dijadikan sebagai sampel penelitian adalah siswa kelas X. 2 dan X. 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran treffinger berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa di SMAN 3 Selong. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis hipotesis menggunakan uji T, yaitu dengan nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,003 < 0,05. Hal tersebut berarti bahwa penggunaan model pembelajaran treffinger berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jige

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Global Education is a peer-reviewed, open access, and online journal about research, reports, book reviews, and commentaries on all aspects of Education, Economy, Engineering, Computer, Health, Humanities, Religion, Law, Science and Social studies. Jurnal Ilmiah Global Education is ...