Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol. 2 No. 3 (2023): Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Pengguna Grab Bike Pada Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Desi Setiya Ningsih (Program Studi Manajemen - S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang)
Handy Nur Cahya (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

This study aims to determine the effect of promotion, service quality and price on consumer decisions. The population in this study were Dian Nuswantoro University students in Semarang who had used grab bike transportation services. The sampling technique in this study used purposive sampling with 100 respondents who were students at Dian Nuswantoro University, Semarang. The type of data used is primary data. The multiple regression analysis technique uses the Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) program. The results of the analysis show that: 1) The promotion variable has a positive and significant effect on consumer decisions. 2) The service quality variable has a positive and significant effect on consumer decisions. 3) The price variable has no positive and significant effect on consumer decisions.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, kualitas layanan dan harga terhadap keputusan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa universitas dian nuswantoro semarang yang sudah pernah menggunakan jasa transportasi grab bike. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan 100 responden yang merupakan mahasiswa universitas dian nuswantoro semarang. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Teknik analisis regresi berganda menggunakan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil analisis tersebut menunjukan bahwa : 1) Variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen. 2) Variabel kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen. 3) Variabel harga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen. Keywords:PromosiKualitas layananGrab IndonesiaKeputusan penggunaan 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEKOBS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi dan Bisnis (JEKOBS) adalah media publikasi penelitian empiris ataupun konseptual oleh mahasiswa Jurusan Manajemen dan Akuntansi. Artikel - artikel yang dipublikasikan merupakan publikasi Tugas Akhir mahasiswa dalam menyelesaikan jenjang pendidikan, baik Strata 1, 2, maupun 3. Artikel ...