Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol. 2 No. 3 (2023): Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Hubungan Promosi, Brand Ambassador dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Produk Mi Instan Merek Mie Sedaap (Studi kasus konsumen Mie Sedaap di Kota Semarang)

Hasna Labiba Azmi Rachmawati (Program Studi Manajemen - S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang)
Handy Nur Cahya (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Instant noodles are products that are currently competing in the market. According to the World Instant Noodle Association (WINA), Indonesia is the second largest consumer in the world in 2021 where this number continues to increase from year to year. Meanwhile, based on data from the Top Brand Index in the last four years 2019-2022, Mie Sedaap has not experienced an increase, but in 2022 Mie Sedaap has started to see an increase based on its percentage but remains in second place for packaged instant noodle products. Mie Sedaap is an instant noodle produced by PT Wings Surya and is one of the instant noodles that is often consumed by Indonesian people but still has not been able to change the leading position of the instant noodle market from PT Indofood which is successful in Indonesia, which produces Indomie. This indicates that the intention to repurchase instant noodles in Mie Sedaap brand packaging is low. Several aspects can affect repurchasing intentions, such as promotions, brand ambassadors, and prices. This study aims to determine the effect of promotions, brand ambassadors, and prices on repurchase intention. The population in this study were consumers who had purchased at least five times the Mie Sedaap instant noodle product in Semarang City. By using a sample of 100 respondents and collecting data using a questionnaire and distributing it using the Google Form. Sampling in this study using purposive sampling method. Analysis with the Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). The results of this study indicate that the promotion and price have a significant effect on repurchase intention. Meanwhile, the brand ambassador variable has no significant effect on repurchase intention.Mi instan merupakan produk yang saat ini sedang bersaing di pasaran. Menurut World Instan Noodle Asociation (WINA), Indonesia merupakan konsumen terbesar kedua di dunia pada tahun 2021di mana jumlah tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun. Sedangkan berdasarkan data dari Top Brand Index dalam empat tahun terakhir 2019-2022, Mie Sedaap belum mengalami peningkatan namun pada tahun 2022 Mie Sedaap sudah mulai terlihat peningkatan berdasarkan presentasenya tapi tetap berada di posisi kedua pada produk mie instan dalam kemasan. Mie Sedaap adalah mie instan yang diproduksi oleh PT Wings Surya dan merupakan salah satu mie instan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia namun tetap belum dapat mengubah posisi terdepan pasar mie instan dari PT Indofood sukses di Indonesia yang memproduksi Indomie. Hal ini mengindikasikan bahwa minat beli ulang pada mi instan dalam kemasan merek Mie Sedaap tergolong rendah. Beberapa aspek dapat mempengaruhi minat beli ulang, seperti promosi, brand ambassador, dan harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, brand ambassador, dan harga terhadap minat beli ulang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah melakukan pembelian minimal lima kali pada produk mi instan merek Mie Sedaap di Kota Semarang. Dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden serta pengumpulan data menggunakan kueisoner dan dibagikan menggunakan Google Form. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Analisis dengan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS),. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel promosi dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli ulang. Sedangkan variabel brand ambassador tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang. Keywords:promotionbrand ambassadorpricerepurchase intention

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEKOBS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi dan Bisnis (JEKOBS) adalah media publikasi penelitian empiris ataupun konseptual oleh mahasiswa Jurusan Manajemen dan Akuntansi. Artikel - artikel yang dipublikasikan merupakan publikasi Tugas Akhir mahasiswa dalam menyelesaikan jenjang pendidikan, baik Strata 1, 2, maupun 3. Artikel ...