Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 1 No. 2 (2024): Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin

Pengaruh Augmented Reality terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini

Dwi Via Maisyaroh (Universitas Negeri Surabaya)
Kartika Rinakit Adhe (Universitas Negeri Surabaya)
Nurul Khotimah (Universitas Negeri Surabaya)
Nurhenti Dorlina Simatupang (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A di TK Albata Islamic Montessori School Wiyung Kota Surabaya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Augmented Reality terhadap kemampuan mengenal huruf pada  kelompok A. Jumlah sampel  yang  digunakan  dalam penelitian  ini  adalah  sebanyak 11 anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen yang digunakan yaitu pre experimental dengan one group pretest posttest design. Metode pengujian hipotesis yang digunakan yaitu Wilcoxon Macthed Pairs Test. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai menunjukkan hasil perolehan 0,011 dimana nilai tersebut lebih kecil dari taraf signifikan α 0.05, maka didapat diputuskan bahwa Hipotesis 0 (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga adanya  pengaruh  media Augmented Reality terhadap  kemampuan mengenal huruf anak kelompok A di TK Albata Islamic Montessori School Wiyung Kota Surabaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

global

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The journal publishes scientific articles based on field research and programs in the multidiscipline area, which can be written using quantitative or qualitative approaches. Articles can be made in various research designs, such as action research, experiments, and case studies. This journal was ...