Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 1 No. 4 (2024): JUNI 2024

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS CERITA FIKSI MELALUI PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEI, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW) PADA SISWA KELAS VIII-1 DI SMP AL-WASHLIYAH 30 MEDAN LABUHAN TAHUN AJARAN 2023-2024

Siti Fatimah Handayani Hsb (Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan)
Najwa Sabrina Putri (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan)
Marini Joy Stella Simanjuntak (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan)
Tata Azwa Faradhillah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan)
Putri Luthfiah Ritonga (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan)
Candy Carobelly (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan)
Mustika Wati Siregar (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2024

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penilitian ini adalah bagaimana penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) untuk meningkatkan keterampilan membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Al-Washliyah 30 Medan Labuhan Tahun Pelajaran 2023-2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Metode ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Ketiga tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada penggunaan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) untuk meningkatkan keterampilan membaca. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) dapat meningkatkan keterampilan membaca teks fiksi pada siswa kelas VIII-1 di SMP Al-Washliyah 30 Medan Labuhan T.A 2023-2024. Namun, untuk menghindari anggapan bahwa hasil penelitian pada siklus I hanya kebetulan, peneliti melanjutkan penelitian ke dalam siklus berikutnya siklus II dengan hasilnya meningkat menjadi 85,74. Dengan begitu, indikator keberhasilan dalam penelitian telah tercapai karena seluruh siswa kelas VIII-1 telah mencapai nilai di atas KKM yang telah ditentukan yakni 75. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII-1 SMP Al-Washliyah 30 Medan Labuhan T.A 2023-2024

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...