cover
Contact Name
Arif Fiandi
Contact Email
ariffiandi03@gmail.com
Phone
+6285274823488
Journal Mail Official
admin@jicnusantara.com
Editorial Address
Jorong Nyiur, AGAM, Sumatera Barat
Location
Kab. agam,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Intelek Insan Cendikia
ISSN : -     EISSN : 30477824     DOI : -
Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan lainnya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 337 Documents
Peranan Pondok Pesantren dalam Pembentukan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Keresek As-Salafi Cibatu Kabupaten Garut Anton Anton; Masripah Masripah; M. Daniyal Salsabil
Jurnal Intelek Insan Cendikia Vol. 1 No. 1 (2024): Maret 2024
Publisher : PT. Intelek Cendikiawan Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran pendidikan dalam kehidupan sangatlah penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Oleh karenanya setiap elemen masyarakat harus senantiasa bahu membahu dalam melangsungkan proses pendidikan, baik dari elemen masyarakat, sekolah, maupun keluarga termasuk pondok pesantren. Kegiatan pendidikan dipondok pesantren sangat berpengaruh terhadap perkembangan santrinya, terutama dalam pembentukan karakter serta akhlaknya. Tujuan dari kegiatan dalam penelitian merupakan upaya dalam mengetahui sejauhmana peranan pondok pesantren dalam membentuk akhlak santri di pondok pesantren keresek Cibatu Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah pengelola pesantren, ustadz dan para santrinya. Objek penelitian ini berupa setiap usaha atau metode para ustadz, pimpinan pesantren dan pengurusnya dalam meningkatkan akhlak santri. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun responden dalam penelitian ini adalah pimpinan pondok pesantren, ustadz (asatidz), dan para santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan akhlak santri, dilakukan dengan menanamkan pendidikan akhlak, menanamkan nilai dan norma, melalui keteladanan pimpinan pondok pesantren, keteladanan yang dilakukan oleh para guru ngaji (ustadz) dan pendidikan akhlak yang dilakukan secara terus menerus dalam bentuk pelaksanaan kurikulum dan kegiatan kepesantrenan yang tetap dilaksanakan secara konsisten di pondok pesantren keresek. Pondok pesantren dalam mendidik santri yaitu melalui metode keteladanan, pembiasaan, pengawasan, serta hukuman sesuai aturan yang berlaku di pondok pesantren keresek cibatu kabupaten Garut. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa setiap upaya yang dilakukan pondok pesantren merupakan suatu hal yang sangat penting guna meningkatkan dan mendidik akhlak santrinya
Frekuensi Penggunaan Obat Antivirus Pada Pasien SARS-CoV-2 dengan Penyakit Ginjal Kronis di Instalasi Farmasi Rawat Inap Rumah Sakit Fendy Prasetyawan; Yuneka Saristiana; Faisal Akhmal Muslikh; Ratna Mildawati; Chandra Arifin; Abd Rofiq
Jurnal Intelek Insan Cendikia Vol. 1 No. 1 (2024): Maret 2024
Publisher : PT. Intelek Cendikiawan Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemi COVID-19 telah menimbulkan tantangan global yang signifikan sejak munculnya virus SARS-CoV-2 pada tahun 2020. Pengendalian penyakit ini menjadi prioritas kesehatan utama mengingat dampaknya yang luas. Indonesia juga terpengaruh dengan laporan kasus pertama COVID-19 pada Maret 2020, membutuhkan perhatian serius dalam penanganannya. Salah satu komorbiditas yang sering terjadi pada pasien COVID-19 adalah penyakit ginjal kronis (CKD), yang meningkatkan risiko komplikasi medis. Pemahaman yang lebih mendalam tentang penggunaan obat antivirus pada pasien CKD yang terinfeksi COVID-19 menjadi penting, mengingat potensi toksisitas obat dan interaksi yang mungkin terjadi. Meskipun obat antivirus seperti favipiravir dan remdesivir telah menjadi strategi penting dalam penanganan COVID-19, perhatian khusus diperlukan saat memberikannya kepada pasien CKD karena risiko akumulasi dan toksisitas yang lebih tinggi. Studi potong lintang yang dilakukan di RSUD Dr. Soedomo Trenggalek bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan obat antivirus pada pasien COVID-19 dengan CKD. Hasilnya menunjukkan bahwa mayoritas pasien menerima favipiravir (64%) dibandingkan dengan remdesivir (36%). Namun, penggunaannya perlu disesuaikan dengan fungsi ginjal pasien untuk menghindari toksisitas. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami perbandingan efektivitas antara kedua jenis obat antivirus ini pada pasien CKD, sehingga dapat memberikan pedoman pengobatan yang lebih tepat bagi populasi pasien yang rentan ini
Gambaran Penggunaan Obat Tunggal Antihipertensi Pada Pasien Hipertensi Di Rawat Jalan Puskesmas Octavian Ashido Nababan; Fendy Prasetyawan; Yuneka Saristiana; Faisal Akhmal Muslihk; Ratna Mildawati; Isma Oktadiana
Jurnal Intelek Insan Cendikia Vol. 1 No. 1 (2024): Maret 2024
Publisher : PT. Intelek Cendikiawan Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hipertensi merupakan kondisi yang seringkali tidak menunjukkan gejala yang jelas dan dapat menjadi faktor risiko utama untuk berbagai penyakit kardiovaskular yang serius. Pengelolaan yang efektif dari hipertensi penting untuk mencegah komplikasi jangka panjang yang berpotensi fatal. Salah satu pendekatan utama dalam pengobatan hipertensi adalah penggunaan obat antihipertensi, baik dalam bentuk tunggal maupun kombinasi, tergantung pada kebutuhan setiap pasien. Di fasilitas kesehatan tingkat primer seperti Puskesmas, manajemen hipertensi sering dilakukan melalui pemberian obat tunggal sebagai terapi awal. Namun, penting untuk memahami pola penggunaan obat tunggal antihipertensi pada pasien hipertensi di rawat jalan Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana obat tunggal antihipertensi digunakan pada pasien hipertensi di Puskesmas. Metode penelitian ini adalah studi deskriptif yang mendalam dengan pendekatan retrospektif. Data pasien hipertensi dikumpulkan dari rekam medis pasien selama bulan September 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien hipertensi cenderung menggunakan kombinasi terapi daripada obat tunggal, dengan presentase penggunaan obat tunggal sebesar 35,82% dan penggunaan obat kombinasi sebesar 64,18%. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi terapi kombinasi dalam manajemen hipertensi, yang didukung oleh efek aditif dan sinergis dari kombinasi obat serta kemampuan untuk mengurangi risiko efek samping. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan pedoman pengobatan yang lebih efektif dan individualized bagi pasien hipertensi di tingkat fasilitas rawat jalan
TINJAUAN KRIMINOLOGIS TERHADAP AKAR PENYEBAB KEJAHATAN: ANALISIS SEBAB TIMBULNYA Adiyansyah Lukman Hakim; Althaf Rajahala B Sinun; Deo Rudita Febrian Waly; Fendy Prasetyawan
Jurnal Intelek Insan Cendikia Vol. 1 No. 1 (2024): Maret 2024
Publisher : PT. Intelek Cendikiawan Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam negara hukum (rechts staat), hukum mempunyai kedudukan yang utama, apabila hukum dapat memenuhi tugas yang ditetapkan dalam konstitusi kita, yaitu melindungi seluruh rakyat Indonesia dan seluruh tumpahan darah Indonesia. Tugas pemerintah adalah menciptakan sumber daya sosial yang dapat melindungi seluruh rakyat Indonesia dari berbagai perbuatan yang merugikan. Untuk menjelaskan fenomena kejahatan, terdapat disiplin ilmu baru bernama kriminologi yang sangat berkaitan dengan hukum pidana. Beberapa teori yang dikemukakan para ahli telah digunakan untuk menganalisis penyebab terjadinya kejahatan. Berdasarkan laporan Kejahatan Tahun 2023 dataindonesia.id, Kepolisian Indonesia mencatat terdapat 288.472 kejahatan yang terjadi di Indonesia, meningkat 4,33% dibandingkan tahun sebelumnya. sehingga identifikasi faktor-faktor penyebab kejahatan dapat memberikan bahan bagi pengembangan pencegahan kejahatan
The Effect Of Service Quality On Customer Satisfaction At Eureka Coffee In Pinrang City Nur Safariani R; Muh. Ikhwan Maulana Haeruddin; Muh. Ichwan Musa; Siti Hasbiah; Nurul Fadilah Aswar
Jurnal Intelek Insan Cendikia Vol. 1 No. 1 (2024): Maret 2024
Publisher : PT. Intelek Cendikiawan Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the physical evidence, reliability, responsiveness, assurance and empathy affect customer satisfaction at Eureka Coffee. This research is quantitative research. The population in this study were all visitors to Eureka Coffee who visited from January to July 2023 totaling 1,536 visitors, using the Sampling method obtained a sample of 100 respondents. The data collection technique used is multiple linear regression analysis using Statistical Product and Service Solution (SPSS) v. 23. The results of this study indicate that physical evidence (X1) partially has a positive and significant effect on customer satisfaction at Eureka Coffee. Reliability (X2) partially has a positive and insignificant effect on customer satisfaction at Eureka Coffee. Responsiveness (X3) partially has a positive and insignificant effect on customer satisfaction at Eureka Coffee. Assurance (X4) partially has a positive and insignificant effect on customer satisfaction at Eureka Coffee. Empathy (X5) partially has a positive and significant effect on customer satisfaction at Eureka Coffee. As well as physical evidence, reliability, responsiveness, assurance and empathy simultaneously have a positive and significant effect on customer satisfaction at Eureka Coffee.
Business Model Canvas: Kerangka Manajemen Strategis Untuk Pengembangan Bisnis Di Era Internet of Things (IoT) Harry Yulianto; Iryani
Jurnal Intelek Insan Cendikia Vol. 1 No. 1 (2024): Maret 2024
Publisher : PT. Intelek Cendikiawan Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Era disrupsi teknologi sudah merubah aktivitas manusia di berbagai bidang, tidak hanya bidang teknologi saja, namun juga bidang yang lain, seperti: pendidikan, ekonomi, sosial, maupun politik. Salah satu kerangka manajemen strategis yang digunakan untuk mengembangkan bisnis yaitu Business Model Canvas (BMC). Artikel ini bertujuan mengekplorasi secara konseptual tentang peranan BMC sebagai kerangka manajemen strategis untuk pengembangan bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian menggunakan data sekunder, dengan metode library research. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BMC sebagai framework yang digunakan untuk menganalisis dan mengubah model bisnis, mengoptimalkan proses operasional, serta merubah model keseimbangan perusahaan agar lebih efektif dan efisien
Aplikasi Quizizz Sebagai Metode Penilaian Tengah Semester di SD Negeri 01 Sinunukan Mandailing Natal Torang Siregar
Jurnal Intelek Insan Cendikia Vol. 1 No. 2 (2024): APRIL 2024
Publisher : PT. Intelek Cendikiawan Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract This research thoroughly discusses the mid-semester assessment application based on information and communication technology which is implemented at the Lenterahati Islamic boarding school elementary school, namely the Quizzizz application. The aim of this research is to find out what things are implemented in the Quizziz application and what are the benefits of the Quizziz application. The research method used is a qualitative approach using descriptive studies. The sample in this research were teachers in grades 4, 5 and 6. Data collection was obtained from interviews, observation and documentation. The results of the research show that the application of Quizziz at SD Negeri 01 Sinunukan Kabupaten Mandailing Natal has been implemented for 2 semesters or 1 year and is used by grades 4, 5 and 6. This Quizziz application is a very useful application to lighten the workload of educators (teachers) and for students This quizziz application is very useful and fun in answering and working on quiz questions given by the teacher. In conclusion, the application of information and communication technology in the world of education is very important and mandatory so that good educational qualities can be implemented in accordance with the initial objectives in accordance with the benefits of providing education.
Application of Class Supervision to Improve Professional Competency of Teachers at SMP Negeri 1 Padangsidimpuan Torang Siregar
Jurnal Intelek Insan Cendikia Vol. 1 No. 2 (2024): APRIL 2024
Publisher : PT. Intelek Cendikiawan Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract The role of the school principal as a leader in the education process and improving the quality of human resources related to teacher professionalism is needed. One of the roles of the school principal is as a supervisor in the learning process. Through the supervisor's duties, it is hoped that the school principal will be able to provide evaluations in the implementation of the Main Duties and Functions of teachers so as to create teacher professionalism. In this study, we tried to improve the results of teacher supervision carried out over 2 cycles, with results increasing in each cycle. In cycle 1, the RPP assessment showed that there were 8 respondents who got very good marks and 3 respondents who got good scores. for the assessment of supervision of visits in the classroom, it showed that there were 8 respondents who got very good marks and 3 who got good scores. The average results of the instruments for assessing Learning Plans and Observations in the classroom showed 8 respondents who got very good scores and 3 who got good scores. in cycle 2 for the RPP assessment, it showed that there were 9 respondents who got very good marks and 2 respondents who got good scores. For the assessment of supervision of visits in the classroom, it was shown that there were 10 respondents who got very good marks and 1 who got good marks. The average results of the instruments for assessing Learning Plans and Observations in the classroom showed 9 respondents who got very good scores and 2 who got good scores. Another result obtained in this classroom action research was that although the assessment predicate remained very good, there was an increase in the scores obtained from cycle 1 to cycle 2. in cycle 1 the score for very good was still in the range of eight tens, but in cycle 2 the score for very good was in the range of 90. With these results, this research was considered successful in accordance with the established success criteria.
Analisis Perbandingan Efektivitas Penerapan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Ahmad Muktamar; Yusril Ihza Mahendra; Andi Sermayana
Jurnal Intelek Insan Cendikia Vol. 1 No. 2 (2024): APRIL 2024
Publisher : PT. Intelek Cendikiawan Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bagian terpenting dalam kehidupan manusia adalah pendidikan. Dengan adanya pendidikan setiap individu akan mampu memperoleh sebuah ilmu pengetahuan. Salah satu pendidikan yang tidak dapat kita lepaskan untuk umat Islam yaitu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang merupakan upaya sadar yang terencana untuk kesiapan peserta didik dalam mengenal, memahami, mengimani, bertakwa, berakhlakul karimah mengajarkan agama Islam dari sumber utamanya kitab Al-Qur’an. Selain itu kebutuhan satuan pendidikan yaitu perangkat ajar disediakan dalam bentuk kurikulum. Sejak tahun 1947, Kurikulum telah mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan bertujuan untuk memberikan dorongan serta pembaharuan dalam sistem pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas penerapan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan adalah library research guna menghimpun informasi dari berbagai literatur dan sumber ilmiah, termasuk artikel buku dan temuan penelitian terkait perkembangan kurikulum. Fokus penelitian ini adalah menganalisis Kurikulum 2013 dan Kurikulum Mandiri. Analisis ini dilakukan untuk menemukan perbandingan dalam penerapan Pendidikan Agama Islam di satuan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penerapan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terdapat perbedaan, antara lain pada aspek struktur, pendekatan pembelajaran, kebebasan pengaturan waktu pembelajaan, dan sistem penilaian. Kurikulum Merdeka mencerminkan pendekatan yang lebih fleksibel, terbuka, dan holistik
Prespektif Filsafat Dalam Aliran-aliran Pendidikan falikhah_ramdani27; Faridatul Hilmiyah; Dhiyaul Millah; Wahyu Hidayat; Dina Indriana
Jurnal Intelek Insan Cendikia Vol. 1 No. 3 (2024): Mei 2024
Publisher : PT. Intelek Cendikiawan Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Filsafat adalah sekumpulan pertanyaan mengenai kemungkinan yang ada lalu menggali kebenarannya. Filsafat Pendidikan adalah sumber ide dari berbagai kebutuhan pokok Pendidikan. Sedangkan pendidikan merupakan suatu usaha untuk membangun kepribadiannya sesuai aturan dan adat yang berlaku di budaya dan masyarakatnya. Pendidikan bertujuan untuk belajar memperbaiki hidup dan menggapai kemajuan. Dalam usaha menggapai kemajuan itu, masing-masing manusia memiliki gagasannya sendiri. Penyelidikan ini merupakan penyelidikan subyektif dengan prosedur pengumpulan informasi dengan penyelidikan kepustakaan dan mengambil referensi penting terhadap judul pertimbangan yang sedang di pertimbangkan.Bidang pendidikan mencakup banyak teori dan metode untuk memahami pembelajaran manusia. Artikel ini membahas sekolah pendidikan dari perspektif filosofis. Sekolah-sekolah ini mencerminkan pandangan yang berbeda mengenai tujuan, metode, dan nilai-nilai pendidikan. Hal ini juga akan memperdalam perdebatan tentang cara terbaik untuk meningkatkan sistem pendidikan kita demi kepentingan generasi mendatang . Ide-ide dalam pendidikan seperti progresivisme, rekonstruksionalisme, dan humanisme mendorong siswa untuk menggunakan kemampuannya secara penuh dan konstruktif untuk membangun pengetahuan dan potensi yang ada, tanpa menunggu instruksi atau nasihat dari guru atau siswalain. Anda harus bisa berkembang. Filsafat pendidikan adalah penerapan filsafat dalam pendidikan.

Page 1 of 34 | Total Record : 337