JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Vol 8 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA

Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Kelas I SDN 35 Nungga Kota Bima

Mulyadi (STKIP Taman Siswa Bima)
Ratna Nurhadayani (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Keterampilan berbahasa sangat berperan dalam proses pembelajaran pada semua bidang studi atau mata pelajaran. Adapun keterampilan berbahasa yang dimaksud adalah keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Salah satu keterampilan berbahasa yang menjadi topik di dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca. Penulis memfokuskan keterampilan membaca permulaan karena berdasarkan hasil observasi dan penelitian yang dilakukan pada kelas I di SDN 35 Nungga Kota Bima kemampuan membaca permulaan siswa kelas I belum menunjukkan peningkatan, untuk itu penulis melakukan penelitian terhadap kemampuan membaca permulaan melalui media Flashcard terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia bagi siswa kelas I SDN 35 Nungga Kota Bima. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah ingin mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan khusus kelas I pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada siklus pertama 90% sedangkan pada siklus kedua mengalami peningkatan sebesar 100%. Berdasarkan data tersebut maka pembelajaran dengan menggunakan media flashcard mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa SDN 35 Nungga Kota Bima. Siswa yang berada pada kategori baik sekali pada Siklus I sebanyak 10 siswa atau sebesar 50% dan yang berada pada kategori baik sebanyak 8 siswa atau sebesar 40% siswa. Pada Siklus II mengalami peningkatan siswa yang berada pada kategori baik sekali sebnayak 18 siswa atau 90% dan yang berada pada kategiri baik sebanyak 2 siswa atau sebesar 10%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Jurnal ini merupakan wadah bagi pegiat pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Redaksi menerima artikel dan laporan penelitian mengenai inovasi dan perkembangan dalam pendidikan ...