JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Vol 8 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA

Pengembangan Materi Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Aplikasi Prezi

Ika Irawati (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan materi pembelajaran interaktif dengan menggunakan aplikasi Prezi yang layak untuk mahasiswa semester VI di SKIP Taman Siswa Bima. Selain itu untuk mengetahui efektifitas media prezi dalam meningkatkan motivasi. Dimana sebelumnya yang hanya menggunakan media power point dan ceramah. sehingga membuat pembelajaran pada mata kuliah English Morphology materi tentang Bound Phonem (Fonem Terikat) lebih khususnya Affixes (Imbuhan) tentang Prefixes (Awalan) dan Suffixes (Akhiran) menjadi membosankan dan tidak menarik bagi mahasiswa. Penelitian pengembangan ini dikembangkan berdasarkan teori pengembangan Lee & Owens. Prosedurnya meliputi: (1) Penilaian atau Analisis yang terdiri dari dua bagian utama yaitu Penilaian Kebutuhan dan Analisis Depan-Akhir, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwasannya aplikasi pembelajaran interaktif Prezi layak digunakan. Hal itu ituberdasarkan hasil penilaian ahli media sebesar 95,00% (layak digunakan); ahli materi sebesar 90,00% (layak digunakan). Selain itu, hasil angket penilaian mahasiswa sebesar 87,00% dapat meningkatkan motivasi mahasiswa dalam belajar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Jurnal ini merupakan wadah bagi pegiat pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Redaksi menerima artikel dan laporan penelitian mengenai inovasi dan perkembangan dalam pendidikan ...