Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan mengimplementasikan model pembelajaran Reciprocal teaching pada pengajaran mata kuliah Basic Reading akan meningkatkan keterampilan membaca teks berbahasa Inggris pembelajar. Penelitian dikaji menggunakan desain penelitian Quasi Experiment sebagai penelitian awal atau preliminari untuk mendapatkan hasil mengenai pengaruh yang akan didapatkan dari model pembelajaran tersebut atau bahkan dikembangkan unttuk proses pengajaran mata kuliah Reading selanjutnya. Kemudian alasan yang mendasari pelaksanaan penelitian ini adalah pemahaman akan pentingnya menguasai keterampilan membaca teks berbahasa Inggris bagi mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Kendari khususnya bagi mereka yang baru saja memasuki dunia perkuliahan dan mungkin saja masih belum menguasai bahasa Inggris dengan baik. Selain itu, peningkatan kemampuan berpikir kritis atau metakognitif menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Oleh karena itu, proses pendidikan mereka harus dibenahi sejak dini dengan memilihkan model pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan mengimplementasikan Reciprocal teaching dalam pengajaran mata kuliah Basic Reading. Hasil penelitian ini menunjukkan Uji t digunakan untuk membandingkan (membedakan) apakah kedua data (variabel ) yakni nilai posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol sama atau berbeda. Dan ditemukan thitung 3.928 > ttabel 1.671 dengan df=58 pada derajat signifikansi 0.05 sehingga disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Reciprocal teaching dapat meningkatkan keterampilan membaca teks berbahasa Inggris secara bertahap.
Copyrights © 2018