JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA

Pengembangan Media Pembelajaran Fabel Bebasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas 2 SDN Inpres Kalampa 2

Desy Ningsih Komlasari (STKIP Taman Siswa Bima)
Syafruddin Syafruddin (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2022

Abstract

Media dalam proses pembelajaran merupakan perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan sehingga terdorong serta terlibat dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) proses pengembangan media pembelajaran fabel berbasis kearifan lokal pada siswa kelas II SDN Inpres Kalampa 2, (2) hasil kelayakan produk pengembangan media pembelajaran fabel berbasis kearifan lokal pada siswa kelas II SDN Inpres Kalampa 2, (3) keefektifan pembelajaran menggunakan media pembelajaran fabel berbasis kearifan lokal pada siswa kelas II SDN Inpres Kalampa 2. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan diseminasi (disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Inpres Kalampa 2. Hasil validasi dari semua validator sangat baik yaitu, validasi media pembelajaran skor rata-rata 90,62% (sangat valid), validator bahasa skor perolehan 98,21% (sangat valid), validator materi skor rata-rata 87,5% (sangat valid), respon positif siswa dalam dengan indikator penilaian pada aspek kemenarikan produk uji skala kecil 10 orang memperoleh persentase klasikal 96,5% (sangat setuju). Uji skala besar berjumlah 20 siswa melakukan pembelajaran dinilai dari pengamatan aktivitas guru memperoleh skor 95,31% (sangat baik), pengamatan aktivitas siswa memperoleh skor 90,90% (sangat baik), respon positif siswa pada pernyataan positif saat pembelajaran diperoleh skor rata-rata 94,2% (sangat setuju), respon negatif siswa pada penyataan negatif pada fabel berbasis kearifan lokal diperoleh 30,9% siswa sangat tidak setuju dengan respon pernyataan negatif pada instrumen penilaian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Jurnal ini merupakan wadah bagi pegiat pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Redaksi menerima artikel dan laporan penelitian mengenai inovasi dan perkembangan dalam pendidikan ...