Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 2 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMAN 1 Bolangitang Timur

Sartika Sariamas (Universitas Negeri Gorontalo)
Melizubaida Mahmud (Universitas Negeri Gorontalo)
Ardiansyah Ardiansyah (Universitas Negeri Gorontalo)
Meyko Panigoro (Universitas Negeri Gorontalo)
Sudirman Sudirman (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2024

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterampilan dasar mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Bolangitang Timur. Peneltian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner pada 40 responden yakni siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMAN 1 Bolangitang Timur. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat cukup kuat antara Keterampilan Dasar Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa, Dimana dalam hasil penelitian ini diperoleh Sebesar 91,6% dari Variabel Motivasi Belajar Siswa di SMAN 1 Bolangitang Timur, sedangkan 8,4% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...