Aritmatika adalah salah satu materi yang bersifat abstrak. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mendiskripsikan terjadinya kesalahan atau ketidaksesuaian pada siswa dalam mengerjakan soal, dan mendiskripsikan, kesalahan pada siswa di dalam mengerjakan soal. Berdasarkan temuan penyelidikan awal, banyak siswa SMP Negeri 3 Colomadu yang melakukan kesalahan saat menjawab soal latihan atau ujian. Penelitian ini menggunakan metodologi studi kasus dan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data analisis kesalahan berdasarkan teori Newman. Data bersumber dari observasi, hasil penyelesaian siswa pada tes diagnostik dan wawancara. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat 32% siswa mengalami kesalahan membaca, 45% siswa mengalami kesalahan pemahaman, 60% siswa mengalami kesalahan transformasi, 79% siswa mengalami kesalahan keterampilan proses, dan 80% siswa mengalami kesalahan jawaban akhir. Kesalahan tertinggi terjadi pada jawaban akhir yaitu sebesar 80%, sedangkan kesalahan terendah terjadi pada kegiatan membaca sebesar 32%. Implikasi dalam penelitian ini adalah untuk mengevaluasi siswa dalam pembelajaran disekolah, mengetahui letak kesalahan yang dilakukan oleh siswa, dan digunakan untuk mengurangi tingkat kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
Copyrights © 2023