Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 1

Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) pada Siswa SMP Kota Jamb

Ajeng Riana Lestari (Universitas Jambi)
Syaiful Syaiful (Universitas Jambi)
Sofnidar Sofnidar (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2024

Abstract

Sehubungan dengan temuan mengenai rendahnya kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMPN 18 Kota Jambi, model PjBL merupakan solusi yang tepat dikarenakan siswa dituntut untuk merepresentasikan ide matematisnya dalam konteks nyata. Tujuan yang difokuskan dalam penelitian ini yaitu terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam merepresentasikan ide matematisnya melalui pembelajaran dengan PjBL. Penelitian eksperimen ini menggunakan Pretest-posttest control group design sebagai desain penelitian yang mana melibatkan 2 kelas VIII (VIII F dan VIII G) dengan masing-masing terdiri dari 28 siswa pada semester ganjil 2023/2024. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan lembar observasi. Hasil dari data penelitian menunjukkan bahwasanya penerapan model PjBL di kelas mampu untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam representasi matematis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...