Journal on Education
Vol 6 No 4 (2024): Journal on Education: Volume 6 Nomor 4 Mei-Agustus 2024

Pelaksanaan Metode Index Card Match Pada Pembelajaran Qur’an Hadits Di Mi Nu Sholahiyah Pedwang Kudus

Eni Notiah (IAIN Kudus)
Rakanita Dyah Ayu Kinesti (IAIN Kudus)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan metode Index Card Match dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MI NU Sholahiyah. Dalam konteks ini, fokus utama adalah untuk (1) Meninjau pelaksanaan metode Index Card Match pada pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MI NU Sholahiyah; dan (2) Mengetahui peran guru dalam penerapan metode Index Card Match pada pembelajaran Al-Qur'an Hadits di MI NU Sholahiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian meliputi kepala madrasah, guru mata pelajaran Al-Qur'an Hadits, dan siswa MI NU Sholahiyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui metode triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode Index Card Match dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dapat meningkatakan ketertarikan belajar peserta didik dalam pembelajaran Qur’an Hadits. Pelaksanaan metode ICM dalam pembelajaran Al-Qur'an dan Hadits di MI NU Sholahiyah telah memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman siswa. Peran guru dalam pelaksanaan metode ICM sangat penting, termasuk dalam memotivasi peserta didik. Guru bertindak sebagai fasilitator yang membimbing dan mendorong interaksi aktif antara siswa serta memastikan kesesuaian metode dengan kurikulum dan karakteristik siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...