Pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan di sekolah dasar sangat diperlukan untuk berbagai kepentingan termasuk dalam media pembelajaran. Selain digunakan untuk media pembelajaran, teknologi informasi juga dapat digunakan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan mempermudah proses pengembangan materi IPS pembelajaran siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran teknologi dalam pengembangan materi IPS sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) dengan menggunakan sumber data berupa buku-buku referensi dan artikel-artikel jurnal ilmiah untuk mendapatkan jawaban permasalahan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran teknologi dalam proses pembelajaran adalah sebagai alat bantu bagi siswa dan guru dalam proses pembelajaran yang dimana bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran materi IPS. Proses pembelajaran di sekolah dasar akan lebih berkualitas dengan memanfaatkan pengguanaan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Selain itu terdapat hambatan dalam pelaksanaannya seperti keterbatasan alat maupun kemampuan guru dalam menjalankan teknologi. Maka dari itu perlu adanya anggaran dan pelatihan untuk penggunaan teknologi dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran IPS di sekolah dasar
Copyrights © 2023