Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 3 (2023): Volume 08 No. 3 Desember 2023

PERANAN TEKNOLOGI DALAM PENGEMBANGAN MATERI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH DASAR

Ilfi Intansari (Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin)
Ujang Sugara (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan di sekolah dasar sangat diperlukan untuk berbagai kepentingan termasuk dalam media pembelajaran. Selain digunakan untuk media pembelajaran, teknologi informasi juga dapat digunakan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan mempermudah proses pengembangan materi IPS pembelajaran siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran teknologi dalam pengembangan materi IPS sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) dengan menggunakan sumber data berupa buku-buku referensi dan artikel-artikel jurnal ilmiah untuk mendapatkan jawaban permasalahan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran teknologi dalam proses pembelajaran adalah sebagai alat bantu bagi siswa dan guru dalam proses pembelajaran yang dimana bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran materi IPS. Proses pembelajaran di sekolah dasar akan lebih berkualitas dengan memanfaatkan pengguanaan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Selain itu terdapat hambatan dalam pelaksanaannya seperti keterbatasan alat maupun kemampuan guru dalam menjalankan teknologi. Maka dari itu perlu adanya anggaran dan pelatihan untuk penggunaan teknologi dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran IPS di sekolah dasar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...