Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 1 (2024): Volume 09 No. 01 Maret 2024

ANALYSIS OF THE DIFFICULTIES IN LEARNING MATHEMATICS ON THE PERIMETER AND AREA OF A PARALLELOGRAM IN CLASS IV ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS

Nisra Wa Ode (Unversitas Muhammadiyah Surakarta)
Helzi (PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Budi Murtiyasa (Pendididikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Nining Setyaningsih (Pendididikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa ketika belajar matematika materi keliling dan luas jajargenjang siswa kelas IV SD Negeri 2 Wameo yang terletak di Kelurahan Wameo Kecamatan Batupoaro Kota Baubau. Jenis penelitiannya yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teori Miles and Huberman, validasinya yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika materi keliling dan luas jajargenjang. Kesulitan yang dialami oleh siswa seperti belum bisa menganalisis sebuah konsep pada pembelajaran matematika khususnya materi keliling dan luas Jajargenjang. Kesulitan ini disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari diri siswa itu sendiri dan faktor eksternal yang berasal dari lingkungan sekolah dan guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...