Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 1 (2024): Volume 09 No. 01 Maret 2024

PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN ANAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 6 DI KECAMATAN PAKIS

Aryfiani Dwi Lestari (Universitas Terbuka)
Dwi Winarsih (Universitas Tidar)
Aminudin Zuhairi (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh motivasi orangtua dan kedisipinan anak terhadap prestasi belajar matematika siswa SD kelas 6. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan pendekatan penelitian kuantitatif dan metode pengumpulan data yang dipergunakan yaitu metode survei. Hasil penelitian yang dihasilkan adalah Terdapat hubungan antara motivasi orang tua dan prestasi belajar matematika siswa SD di Kecamatan Pakis. Persentase pengaruh motivasi orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa dilihat dari besarnya sumbangan efektif. Nilai sumbangan efektif adalah 75,72 yang mengandung arti bahwa pengaruh motivasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 75,72%.Terdapat hubungan antara kedisiplinan anak terhadap prestasi belajar matematika siswa SD di Kecamatan Pakis. Persentase besarnya pengaruh kedisiplinan anak terhadap prestasi belajar matematika siswa dilihat dari besarnya sumbangan efektif diperoleh nilai perhitungan 21,22 yang mengandung arti bahwa pengaruh kedisiplinan anak terhadap prestasi belajar matematika adalah sebesar 21,22%.Terdapat hubungan antara motivasi orang tua dan kedisiplinan anak terhadap prestasi belajar matematika SD di Kecamatan Pakis. Faktor motivasi orang tua dan kedisiplinan secara bersama-sama berhubungan positif yang sangat signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa sekolah dasar di Kecamatan Pakis. Adapun besar pengaruh kedua variabel bebas melalui R Square. R Square sebesar 0,936 atau sama dengan 93,6% yang mengandung pengertian bahwa pengaruh motivasi orang tua (X1) dan kedisiplinan anak (X2) secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika (Y) sebesar 93,6%. Sementara sisanya (100% – 93,6% = 6,4%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...