JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 14 No 2 (2024): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA

Rifqi Pratama (Universitas Indraprasta PGRI)
Mashudi Alamsyah (Universitas Indraprasta PGRI)
Martua Ferry Siburian (Universitas Indraprasta PGRI)
Giry Marhento (Universitas Indraprasta PGRI)
Jupriadi Jupriadi (Universitas Indraprasta PGRI)
George Louwis Jonathan (Universitas Indraprasta PGRI)
Wirda Susanti (SMA Yaspi)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan literasi sains peserta didik pada pembelajaran IPA. Kemampuan literasi sains merupakan bagian dari kemampuan dalam menggunakan pengetahuan sains untuk mengindefikasi suatu pertanyaan, mencoba untuk menjelaskan fenomena sains dengan menggunakan fakta sains yang ada. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen tes berupa soal literasi sains dalam bentuk soal essay. Kemampuan literasi sains di analisis melalui hasil tes soal essay sebanyak 15 soal. Hasil penelitian kemampuan literasi sains masih dalam kategori rendah, hal ini terlihat dari hasil tes dari peserta didik yang ditinjau dari indikator literasi sains, pada aspek mengidentifikasi pendapat ilmiah sebesar 67%, memahami elemen desain peneltian terhadap temuan sebesar 30%, kemampuan dalam menyelesaikan soal sebesar 48%, memahami dan menginterpretasikan statistik sebesar 30%, penarikan kesimpulan 50%. Berdasarkan paparan tersebut disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik masih rendah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...