Implementasi pendidikan karakter di sekolah sangat penting untuk mendorong perkembangan moral dan etika siswa. Meskipun penting, penelitian tentang efektivitas dan evaluasi program-program ini masih terbatas. Penelitian ini mengevaluasi implementasi pendidikan karakter di sekolah dengan menggunakan metode deskriptif analitis, yang ditandai dengan pengumpulan, analisis, seleksi, dan sintesis data yang sistematis dan konsisten melalui penalaran deduktif. Evaluasi ini mengungkapkan tiga aspek utama: 1) identifikasi dan pengembangan sistem pembelajaran yang dirancang oleh guru, 2) penggunaan pendidikan karakter sebagai alat kontrol dalam manajemen sekolah, dan 3) penyediaan materi untuk pengembangan guru lebih lanjut. Temuan-temuan ini menggarisbawahi pentingnya sistem pembelajaran yang dirancang dengan baik, integrasi ke dalam manajemen sekolah, dan pengembangan guru yang berkelanjutan untuk keberhasilan program pendidikan karakter. Wawasan yang diperoleh dapat menjadi masukan bagi penelitian dan praktik pendidikan karakter di masa depan.
Copyrights © 2023