Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti pada SD Negeri Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat yang menunjukkan masih rendahnya kinerja guru. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja guru, di antaranya adalah iklim sekolah dan Kepemimpinan yang melayani (servant leadership). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kontribusi iklim sekolah terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat, (2) Kontribusi kepemimpinan yang melayani (servant leadership) terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat, dan (3) Kontribusi iklim sekolah dan kepemimpinan yang melayani (servant leadership) secara bersama-sama terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif non eksperimen dengan populasi guru SD Negeri Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat sebanyak 248 guru orang, sampel diambil dengan menggunakan stratified proporsional random sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 108 orang guru. Instrumen penelitian ini menggunakan angket. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) Iklim sekolah memberikan kontribusi signifikan terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat sebesar 6.2%. (2) Kepemimpinan yang melayani (servant leadership) memberikan kontribusi signifikan terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat sebesar 13,0%. (3) Iklim sekolah dan kepemimpinan yang melayani (servant leadership) memberikan kontribusi signifikan terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat sebesar 24,4%. Hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima secaraempiris. Hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa iklim sekolah dan kepemimpinan yang melayani (servant leadership) merupakan dua faktor yang berkontribusi terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Oleh sebab itu diharapkan kepada pihak-pihak terkait agar meningkatkan iklim sekolah dan kepemimpinan yang melayani (servant leadership) agar kinerja guru dapat meningkat.
Copyrights © 2022