Fokus penelitian ini meliputi; (1) peran kepala sekolah dalam perencanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013, (2) peran kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013, (3) peran kepala sekolah dalam evaluasi pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif; rancangan studi kasus. Peneliti sebagai instrumen kunci; sumber data berasal dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan dokumntasi pendukung; teknik pengumpulan data dengan wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Hasil penelitian meliputi: (1) peran kepala sekolah dalam perencanaan pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 yaitu mengadakan workshop, memberikan sosialisasi Kurikulum 2013 dan mengadakan rapat penyusunan program tahunan, (2) peran kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 yaitu memberikan motivasi kepada guru dalam proses pembelajaran, dan memberikan arahan sesuai dengan aturan yag ada, (3) peran kepala sekolah dalam evaluasi pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 yaitu evaluator dan supervisor, dimana kepala sekolah melakukan pengawasan dan pembinaan kepada guru secara terus-menerus.
Copyrights © 2022