Jurnal Pendidikan Nasional
Vol. 2 No. 2 (2022): Desember

PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SDN 28 LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Elva Refariza (STKIP Nasional)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas tinggi SDN 28 Lubuk Alung Kabupaten Padangpariaman. Kurangnya keinginnan siswa untuk belajar, dimana siswa hanya sibuk dengan dunia nya sendiri, seperti sibuk bermain, sibuk untuk mencari uang, dan rasa kurang nya perhatian dari lingkungan sosial yang ada di sekitar peserta didik, dan tidak adanya motivasi dari dalam maupun dari luar peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang terdiri dari tiga variabel. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh liungkungan sosial dan motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas tinggi SDN 28 Lubuk Alung Padangpariaman. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sehingga terpilih sampel sebanyak 55 orang. Instrumen penelitian adalah berupa pembagian angket. Teknik analisis data digunakan untuk menguji hipotesis t dan uji F. Hasil belajar yang dianalisis berupa uji PTS (penilaian tengah semester) semester I tahun ajaran 2022/2023 kelas tinggi SDN 28 Lubuk Alung Kabupaten Padangpariaman. Berdasarkan uji statistik secara parsial lingkungan sosial (X1) terhadap hasil belajar diperoleh nilai thitung > ttabel (10,944 > 1,67), dengan nilai signifikan 0,050<0,05 yangberarti Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya lingkungan sosial berpengaruh terhadap hasil belajar. secara parsial motivasi (X2) terhadap hasil belajar diperoleh. (2,027 > 1,67) dengan nilai signifikan 0,048 < 0,05 yang artinya Ha ditrima dan Ho ditolak. Arytinya motivasi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Sedangkan secara silmutan Fhitung > Ftabel (9,582 > 1,67) dengan nilai signifikan ( 0,000 < 0,05) dan konstribusi 24,1% yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti lingkungan sosial dan motivasi secara simultan berpengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Nasional is scientific journal that published papers that contribute to debates in the field of education. This includes educational administration, counseling, educational technology, primary school teacher education, early childhood teacher education, non-formal education, ...