Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 1 No. 2 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 2 - OKTOBER 2023

PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA 2 MANUSIA DAN LINGKUNGAN DI KELAS V SD NEGERI 096135 RAMBUNG MERAH T.A. 2023/2024

Endang Laurence Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Osco Parmonangan Sijabat (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Lisbet Novianti Sihombing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan Kelas V SD Negeri 096135 Rambung Merah. Hipotesis dalam penelitian ini ada 2: (H????) terdapat pengaruh model kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 tentang organ gerak hewan dan manusia dengan subtema 2 manusia dan lingkungan kelas V SD Negeri 096135 Rambung Merah dan (????????) tidak memberikan pengaruh model koperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 2 manusia dan lingkungan di kelas V SD Negeri 096135 Rambung Merah. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian pre-experimental design dengan desain group pre-test – post-test. Sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi,observasi dan tes. Data diolah dengan menggunakan teknik analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji n-gain dengan hasil yang diperoleh 70,35. Sehingga dapat disimpulkan maka terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa tema 1 subtema 2 Manusia dan lingkungan. Kelas V SD Negeri 096135 Rambung Merah T.A. 2023/2024.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...