Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 1 No. 2 (2023): PNJ : Vol. 1 - No. 2 - OKTOBER 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA 2 PENTINGNYA MAKANAN SEHAT BAGI TUBUH KELAS V SD NEGERI 094109 RAYA PINANTAR

Tantayen Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Lisbet Novianti Sihombing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)
Desi Sijabat (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi PGSD)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Siswa Kelas V SD Negeri 094109 Raya Pinantar. Desain penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan bentuk One-Grup Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 094109 Raya Pinantar yang berjumlah 23 orang. Karena populasi kurang dari 50 maka populasi dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Ada dua hipotesis dalam penelitian ini, (1) ada pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V pada subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh siswa kelas V SD Negeri 094109 Raya Pinantar (Ha), (2) tidak ada pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V pada subtema 2 pentingya makanan sehat bagi tubuh siswa di kelas V SD Negeri 094109 Raya Pinantar (H0). Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes berupa soal pilihan berganda. Berdasarkan hasil analisis data statistik inferensial menggunakan uji t diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 13,118. Pada taraf signifikansi signifikan maka diperoleh t tabel = 1,717. Maka diperoleh thitung > ttabel atau 13,118 >1,717. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V pada subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh siswa di kelas V SD Negeri 094109 Raya Pinantar. Ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...