Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 5 No. 2 (2024): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian pada UMKM Op Kitchen di Kabupaten Pelalawan

Miftahul Jannah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nandang Nandang (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ghia Ghaida Kanita (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran terhadap keputusan pembelian pada UMKM Op Kitchen di Kabupaten Pelalawan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang didistribusikan kepada 73 responden, yang dipilih dari populasi sebanyak 270 konsumen menggunakan rumus Slovin. Analisis data dilakukan melalui beberapa uji statistik, yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada UMKM Op Kitchen sebesar 64,2%. Hal ini menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran yang efektif dan tepat dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...