Jurnal Masyarakat Madani Indonesia
Vol. 3 No. 3 (2024): Agustus

Permainan Selaras Warna Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) Di SLB Wiyata Dharma

Immawati Immawati (Akademi Keperawatan Dharma Wacana)
Sapti Ayubbana (Akademi Keperawatan Dharma Wacana)
Uswatun Hasanah (Akademi Keperawatan Dharma Wacana)
Indhit Tri Utami (Akademi Keperawatan Dharma Wacana)
Ludiana Ludiana (Akademi Keperawatan Dharma Wacana)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2024

Abstract

Anak tunagrahita membutuhkan suatu upaya/usaha yang berkaitan dengan pengembangan diri, salah satunya dengan  aktivitas  yang  dapat  meningkatkan keterampilan gerak dan mengenal warna dalam bentuk permainan.  Salah satu permainan yang dapat dilakukan untuk anak tunagrahita adalah pengembangan model permainan selaras warna dalam bentuk games pada siswa tunagrahita. Pengabdian yang dilakukan yaitu melakukan suatu bentuk permainan selaras warna dengan tujuan meningkatkan kemampuan anak tunagrahita dalam membedakan warna.. Kegiatan pengabdian masyarakat ini ditujukan bagi anak anak di SLB Wiyata Dharma dengan kondisi tunagrahita. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat di SLB Wiyata Dharma menujukkan bahwa 84,6 % minat siswa baik dalam mengikuti kegiatan bermain selaras warna dan bola estafet. Hasil observasi kegiatan kemampuan motorik kasar dalam kegiatan bermain selaras warna dan bola estafet menunjukkan 100% baik. Permainan selaras warna  secara berkelanjutan dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan motoric halus dan kasar anak-anak tunagrahita di SLB

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus pada penelitian dan program keterlibatan akademisi-komunitas untuk memajukan teori, penelitian, dan praktik yang berguna bagi masyarakat. Selain mengenal semua istilah filosofis di lapangan, yaitu community engagement, development, empowerment, dan service, kami juga menyambut ...