Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Vol. 3 No. 1 (2017): Juni 2017

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER TUTORING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PLANTAE DI KELAS X SMA N 10 KOTA JAMBI

Meta Purnama Sari (BIODIK FKIP Universitas Jambi)
Upik Yelianti (BIODIK FKIP Universitas Jambi)
Harlis Harlis (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2018

Abstract

ABSTRAK. Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran Peer Tutoring terhadap hasil belajar siswa pada materi Plantae. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 10 Kota Jambi, Tahun Ajaran 2015/2016. Hasil analisis secara statistik menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas control Rata-rata Aspek kognitif kelas eksperimen (80,02) lebih tinggi dibandingkan untuk kelas kontrol (76,86). Pada aspek afektif, hasil belajar siswa kelas eksperimen (85,09) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (80,52). Aspek psikomotor kelas eksperimen rata ratanya adalah (75,89) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (69,27). Berdasarkan uji-t pada aspek kognitif diperoleh Thitung sebesar = 2,9699, afektif sebesar = 5, 07 dan psikomotor sebesar = 4,59. Pada taraf kepercayaan 95% diperoleh Ttabel = 1,98 sehingga hipotesis diterima untuk ketiga aspek tersebut.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

biodik

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science Social Sciences

Description

Biodik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the field of biology education and utilization of biological research in learning. Moreover, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ...