Pengetahuan tentang pemasaran digital saat ini sangat diperlukan oleh pelaku bisnis tak terkecuali pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kemampuan menggunakan media digital untuk mengenal lebih baik konsumennya dan mempromosikan produk menjadi prasyarat keberhasilan bisnis terlebih bagi pebisnis jasa. Salah satu jasa UMKM yang bertumbuh di kota-kota besar adalah usaha service AC. Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis, para pemilik jasa service AC umumnya belum mempunyai pemahaman yang baik tentang pemasaran digital. Sebagai upaya untuk berkontribusi dalam persoalan ini maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dilakukan. Kegiatan PKM ini bertujuan meningkatkan pengetahuan pelaku usaha jasa service AC di wilayah Jakarta Timur dan menerapkan Google Maps, WB (WhatsApp Bussiness) dan IG (Instagram) pada usaha mereka. Kegiatan dilakukan menggunakan metode ceramah, workshop dan pendampingan yang belangsung selama dua bulan. Mitra kegiatan PKM berjumlah sepuluh orang. Untuk mengetahui keberhasilan kegiatan dilakukan evaluasi pretest dan posttest. Hasil evaluasi menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan mitra sebelum dan setelah dilakukan pelatihan dan workshop. Dari hasil pemantauan diketahui jumlah pelanggan yang menghubungi mitra mengalami peningkatan setelah mitra membuat akun Google Maps, WB (WhatsApp Bussiness) dan IG (Instagram).
Copyrights © 2024