cover
Contact Name
Emmy Syafitri
Contact Email
esyafitri@dharmawangsa.ac.id
Phone
+6282277137173
Journal Mail Official
jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Editorial Address
Alamat : Jl. K. L. Yos Sudarso No. 224 Medan Kontak : Tel. 061 6635682 - 6613783 Fax. 061 6615190 Surat Elektronik : jpm_reswara@dharmawangsa.ac.id
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Reswara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 27164861     EISSN : 27163997     DOI : https://doi.org/10.46576/rjpkm
Reswara adalah Jurnal pengabdian kepada masyarakat yang ditertbitkan dan dikelola oleh Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Dharmawangsa (LPkM UNDHAR). Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil pengabdian dari seluruh civitas akademika tentang berbagai macam inovasi dan solusi-solusi dalam berbagai persoalan dalam masyarakat. Artikel yang dimuat dalam Reswara meliputi hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat yang mempunyai relevansi dengan: Bidang pembangunan manusia dan daya saing bangsa Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal Bidang peternakan, perikanan, dan kehutanan Pengembangan ekonomi, kewirausahaan, koperasi, industri kreatif, dan UMKM Pengembangan teknologi berwawasan lingkungan Bidang ilmu dan teknologi komputer Bidang sastra dan budaya Bidang hukum Bidang komunikasi dan soial politik Bidang pendidikan yang berorientasi integrasi nasional dan harmoni sosial
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 396 Documents
Sosialisasi Pada Orang Tua Tentang Pentingnya Produk Halal Melalui Pendekatan Komunikasi Interaktif di Desa Kolam, Kec.Perc. Sei Tuan, Kab. Deli Serdang Erni Suyani; Azmiati Zuliah; Cut Alma Nuraflah
RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.811 KB) | DOI: 10.46576/rjpkm.v1i1.530

Abstract

Desa Kolam dapat dikategorikan termasuk Desa yang masih tertinggal dari aspek pendidikan, kekurangan informasi dari ajaran-ajaran Islam menyebabkan mereka minim pengetahuan khususnya tentang makan halal yang mereka konsumsi disisi lain mendeteksi apakah makanan tersebut sudah berkategori halal, mulai dari cara mendapatkannya, cara mengelolanya dan materinya adalah hal yang sangat urgen juga untuk disosialisasikan, bagi sebagahagian masyarakat di Desa Kolam bahwa makanan dikategorikan halal hanya jika materi nya halal, sarat lain tidak menjadi persoalan. Oleh karena itu sangatlah menjadi hal yang penting untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam memberikan kontribusi dalam bentuk edukasi dan sosialisasi tentang produk makanan hala dan regulasi yang berkaitan dengan itu khususnya tentang kewajiban memperhatikan labelisasi halal pada setiap kemasan produk makanan. Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah bagaimana mengenalkan dan mendidik anggota keluarga terhadap pentingnya memilih produk makanan halal, karena dalam sistem pendidkan Islam, Keluarga merupakan lingkungan pendidikan pertama dan utama bagi generasi muslim, karena disanalah anak mulai mengenal segala sesuatunya hingga mereka menjadi tahu dan mengerti. Konsep Halal berarti diperbolehkan atau diijinkan dalam agama Islam (Alquran Surat Albaqarah 168-169). kegiatan ini dilakukan dengan metode cerama, diskusi dan pemberian quisioner. Maka hasil yang didapat dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang edukasi produk makanan halal bagi orang tua melalui pendekatan komunikasi interaktif adalah bahwa sangatlah penting bagi orang tua untuk memberikan arahan, nasehat atau bimbingan  kepada anak-anak tentang makanan yang halal khususnya bagi umat muslim melalui komunikasi intraktif dengan menggunakan tiga pendekatan, yang pertama memberikan informasi produk halal, yang kedua dengan cara persuasif yaitu keterampilan mengolah pesan yang menarik baik verbal atau non verbal sehingga anak senang berkomunikasi dengan orang tua, dan yang ketiga adalah dengan koarsif atau tindakan yang tegas
PELATIHAN PEMANFAATAN POWTOON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI GURU DI KOTA SUKABUMI Wika Soviana Devi; Ahmad Fadly; Ratna Dewi Kartikasari
RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (114.22 KB) | DOI: 10.46576/rjpkm.v1i2.599

Abstract

Kejenuhan peserta didik dalam pembelajaran merupakan persoalan klasik yang dihadapi oleh guru. Demikian pula oleh guru bidang studi bahasa Indonesia (GBSBI) di Kota Sukabumi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melatih GBSBI pada jenjang SLTP dan SLTA di Kota Sukabumi dalam memanfaatkan media pembelajaran Powtoon. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode pemaparan, interaksi, drilling, dan penugasan. Respons positif diberikan oleh peserta dalam pelatihan ini. Pemaparan dilakukan dengan menayangkan salindia (PowerPoint) sekaligus menjelaskan Powtoon, mulai dari yang bersifat ontologis hingga epistemologis. Pada tahap interaksi, GBSBI sebagai peserta diberi kesempatan untuk menanyakan penggunaan media Powtoon secara teknis. Dari interaksi itu, tim instruktur sekaligus menggali permasalahan yang akan dihadapi di sekolah apabila media Powtoon digunakan. Berdasarkan interaksi itu pula terungkap bahwa sebagian peserta belum familiar dengan media pembelajaran berbasis daring (online). Oleh sebab itu, pada tahap selanjutnya, yaitu drilling, tim instruktur berbagi tugas dalam mendampingi para peserta dalam mengerjakan latihan pemanfaatan Powtoon sebagai media pembelajaran bidang studi bahasa Indonesia. Dengan pembagian tugas itu, kendala yang dihadapi oleh para peserta dapat diselesaikan. Diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia, terutama dari kalangan GBSBI di Kota Sukabumi
MENJAGA LOYALITAS PELANGGAN DENGAN STRATEGI CRM PADA PT. DESALITE, PAMULANG Ardijan Handijono; Rudy Irawan Gunarto; Samsul Marpitasa
RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.719 KB) | DOI: 10.46576/rjpkm.v2i1.912

Abstract

Air adalah salah satu kebutuhan pokok makhluk hidup. PT. Desalite-Pamulang hadir untuk menyediakan air minum isi ulang yang berkualitas dengan harga terjangkau, namun ada lebih dari 20 perusahaan air lain di Tangerang Selatan. Jumlah pelanggan yang tidak bertambah bahkan cenderung turun adalah suatu indikasi jika perusahaan harus mengambil suatu tindakan. maka dibutuhkan strategi untuk unggul dalam persaingan dan tetap menjaga loyalitas pelanggan. Strategi yang paling tepat untuk menjaga loyalitas pelanggan, adalah strategi bisnis CRM (Customer Relationship Management), CRM adalah strategi bisnis untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas hubungan dengan pelanggan yang menguntungkan. Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan akan digunakan beberapa Customer Loyality Program. mengimplementasikan CRM tidak harus menggunakan aplikasi CRM yang tersedia di pasar, karena harganya sangat mahal dan tidak mungkin terjangkau oleh perusahaan UMKM. Strategi CRM yang akan dikembangkan disini adalah memanfaatkan perangkat berbasis Clouds yang tidak berbayar, dan menggunakan aplikasi open source yang gratis. Presentasi, Diskusi, dan Tanya-Jawab adalah metode penyampaian gagasan yang kami berikan ke partner. Beberapa program untuk menjaga loyalitas pelanggan, memaksimalkan bisnis dengan pelanggan yang sudah ada adalah tujuan utama pada strategi CRM yang akan disampaikan ke partner. Kami juga akan memandu dan mendampingi cara menggunakan teknologi dengan biaya murah atau tak berbayar dalam mengimplentasikan Strategi CRM ini.
PKM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN EDUKASI INTERAKSI LEKSIKAL SADAR WISATA DI DESA DENAI LAMA Sarah Nasution; Andi Maysarah; Mierna Zulkarnain; Lukman Hakim Siregar
RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.26 KB) | DOI: 10.46576/rjpkm.v2i2.1038

Abstract

Denai Lama adalah sebuah desa di Kabupaten Deli Serdang yang mempunyai kekayaan alam berupa sawah. Hal tersebut menjadi geliat warga desa untuk membuat suatu kelompok sadar wisata (Pokdarwis) berbasis agrowisata untuk membangun sektor pariwisata yang ada di daerah ini. Pokdarwis ini mempunyai program diantaranya, program pengembangan, penyadaran, dan pembinaan. Program yang berbentuk pengembangan desa wisata yang dilakukan oleh Pokdarwis meliputi Sanggar Lingkaran, Rumah Produksi Oleh-Oleh dan Wisata Paloh Naga. Persoalannya adalah kurangnya minat masyarakat dalam membangun Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) di bidang soft skill dan service excellent, minimnya komunikasi secara leksikal dengan tutur bahasa dan diksi lokal di Desa Denai Lama dan kurangnya kesadaran hukum masyarakat untuk menciptakan rasa aman di desa wisata. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan dengan metode penyuluhan terkait dengan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), selain itu juga masyarakat diberikan juga pemahaman terkait dengan peningkatan kesadaran hukum masyarakat untuk menciptakan rasa aman bagi wisatawan di daerah wisata dan pelatihan interaksi yang bersifat leksis sebagai wujud mempertahankan budaya Desa Denai Lama. Harapan dari kegiatan PkM ini adalah Pokdarwis Desa Denai Lama dapat mengubah pola pikir masyarakat dan kemandirian masyarakat bahwa melalui ketiga elemen yaitu hukum, manajemen dan bahasa dapat menjadi solusi yang bermanfaat untuk mengembangkan desa wisata, sehingga masyarakat di sekitar desa wisata mampu meningkat secara perekonomian, selalu menjaga dan melestarikan daya tarik wisata di kawasan desa wisata serta merasa memiliki dalam arti pelestarian menuju pariwisata berkelanjutan
SOSIALISASI SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB DALAM MENINGKATKAN PENGELOLAAN DATA AKADEMIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MADANI MARENDAL I Heni Wulandari; Suherman Suherman; Razali Razali
RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.652 KB) | DOI: 10.46576/rjpkm.v2i2.1150

Abstract

Sistem Informasi Berbasis Website dapat menjadi sebuah revolusi publikasi dalam membuka jangkauan informasi yang lebih luas lagi untuk menyampaikan berbagai jenis informasi mengenai sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan efektifitas dan efisisensi dan dikembangkan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi pihak administrasi dan guru khususnya dalam mengelola data akademik sekolah. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Madani Marendal I sudah memiliki sarana dan prasarana yang memadai, hanya saja belum memanfaatkan Sistem Informasi Berbasis Web, sehingga sekolah tersebut sulit untuk meningkatkan produktivitas pelayanan sekolah yaitu dalam mengelola data sekolah Sistem Informasi Akademik Berbasis Web merupakan solusi yang tepat untuk mewujudkan sebuah sistem informasi yang efektif dan efisien Sistem Informasi..Akademik Berbasis Web sangat berguna dalam memberikan kemudahan baik kepada pengajar ataupun pelajar. Berdasarkan manfaat yang dapat diperoleh dari Sistem Informasi Akademik Berbasis Web ini, maka perlu diadakan sosialisasi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Madani Marendal I untuk memberikan pemahaman pentingnya Sistem Informasi Berbasis Web ini dalam upaya meningkatkan pengelolaan data akademik pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Madani Marendal I
PELATIHAN PERACIKAN KOPI UNTUK MENINGKATKAN MINAT WIRAUSAHA MASYARAKAT DESA RUGEMUK KABUPATEN DELI SERDANG Siswati Saragi; Kariaman Sinaga; Budiman Purba; Maria Ulfa Batoebara
RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.729 KB) | DOI: 10.46576/rjpkm.v1i1.535

Abstract

Pemerintah Indonesia dalam beberapa dekade ini sangat gencar memperbaharui sektor wisata baik dari segi sarana maupun pra sarananya. Dari sudut sosial, kegiatan pariwisata akan memperluas kesempatan tenaga kerja baik dari kegiatan pembangunan sarana dan prasarana maupun dari berbagai sektor usaha. Desa Rugemuk,sebagaimana hal nya dengan wilayah pesisir pantai lainnya memiliki jumlah penduduk yang mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan. Berdasarkan pengamatan dan beberapa bahan literatur, peningkatan kualitas  ekonomi masyarakat sudah dilakukan melalui beberapa upaya penyuluhan kepada masyarakat. Namun kendalanya adalah pemodalan dan ketrampilan yang belum jelas. Karena permasalahan tersebut tidak terjawab akhirnya masyarakat enggan membuka.  Maka dipandang perlu untuk memberikan pelatihan berwirausaha bagi masyarakat setempat dengan memanfaatkan potensi alam berupa wisata pantai. Wisata pantai identik dengan kuliner, Oleh karena itu, maka perlu dilakukan pelatihan yang berhubungan dengan kuliner, dalam hal ini meracik kopi yang akan dapat digunakan sebagai dasar dalam membuka usaha dibidang makanan dan minuman di pantai. Dari hasil pelaksanaan terlihat bahwa peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan mulai dari awal hingga akhir dan sangat penting dilakukan secara berkelanjutan sehingga masyarakat semakin termotivasi untuk berwirausaha di bidang kuliner
SOSIALISASI DALAM MENGANTISIPASI KEJAHATAN INTERNET DI ERA INTERNET OF THINK DAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Ibnu Rusydi; Zelvi Agustiana; Welnof Satria
RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (976.87 KB) | DOI: 10.46576/rjpkm.v1i2.581

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi saat ini begitu pesat, semua kebutuhan sehari-hari dapat dilakukan hanya dengan perangkat pintar dan koneksi internet saja. Semua hal dapat dilakukan, seperti mencari informasi, bersosial media, belajar secara daring sampai dengan kebutuhan ekonomi yang didalamnya terjadi transaksi elektronik banking seperti berbelanja, berdagang dan transaksi bisnis lainnya. Banyak hal positif yang didapat, akan tetapi banyak juga hal-hal negatif yang harus kita fahami dapat terjadi ketika kita berselancar di internet, seperti pencurian data, peretasan akun, penipuan, pembobolan rekening, bahaya pornografi terutama bagi anak-anak dan banyak lagi kasus-kasus kejahatan yang sudah terjadi. Atas dasar pemikiran diatas maka sangat penting untuk selalu dilakukan edukasi kepada masyarakat bagaimana penggunaan teknologi tersebut secara benar dan rambu-rambu apa yang harus difahami dan diikuti. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah salah satu cara untuk mensosialisasikan dan sekaligus mempraktekkan cara-cara penggunaan transaksi secara daring dengan benar. Desa Sambirejo Timur adalah Desa yang dipilih untuk edukasi, sosialisasi dan praktek penggunaan. Desa ini memiliki penduduk yang sangat padat, terletak disebelah timur dari kota medan berbatasan dengan Desa Tembung. Kegiatan ini diharapkan dapat mengedukasi Masyarakat Desa dan bagi peserta dapat Kembali menyebarkan informasi yang didapatkan
LITERASI GERAKAN GAYA HIDUP HALAL DI PONDOK PESANTREN AL-JADID KECAMATAN KOPO, KABUPATEN SERANG, BANTEN Fitri Yetty; Prima Dwi Priyatno
RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.884 KB) | DOI: 10.46576/rjpkm.v2i1.906

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini ialah untuk memberikan literasi atau kampanye terkait Gaya Hidup Halal dengan metode ceramah dan diskusi yang diberikan kepada para santri yang berada dalam lingkungan Yayasan Ponpes Al-Jadid, sedangkan pengukurannya menggunakan riset pre-test dan post-test yang berupa kuesioner. Dikarenakan wabah covid-19 yang melanda Indonesia termasuk lokasi pengabdian ini, maka pengabdian kepada masyarakat dilakukan secara daring (online) dengan jumlah partisipan sebanyak 15 orang. Sebelum diberikan pemahaman atau literasi mengenai gaya hidup halal, hasil pre-test menunjukan bahwa nilai terendah adalah 30 dan nilai tertinggi sebesar 80 dengan rata-rata nilai hasil keseluruhan sebesar 55,71. Maka ,dapat ditarik sebuah konklusi bahwa mayoritas partisipan masih belum sepenuhnya mengetahui dan memahami terkait dengan gerakan gaya hidup halal. Setelah dilakukan penyuluhan dengan metode ceramah, hasil post-test menunjukkan nilai terendah sebesar 50, sedangkan nilai tertingginya adalah 100. Adapun nilai rata-ratanya sebesar 78,67. Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi kenaikan yang signifikan (setelah diadakannya pengabdian masyarakat) terhadap pengetahuan partisipan tentang gaya hidup halal sebesar 78,67 atau 22,96%
PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU SMK NEGERI-1 PALANGKA RAYA MELALUI BIMBINGAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS Elok Faiqotul Himmah; Yuliarti Yuliarti; Catharina Elmayantie; Lili Rusdiana
RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.55 KB) | DOI: 10.46576/rjpkm.v2i2.883

Abstract

Tantangan guru agar profesional dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mendorong Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)  STMIK Palangka Raya untuk berperan aktif memberikan bimbingan PTK kepada guru-guru SMK Negeri-1 Palangka Raya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru-guru SMK Negeri-1 Palangka Raya melalui peningkatan pemahaman mengenai PTK dan peningkatan kemampuan dalam penyusunan proposal serta laporan PTK yang berkualitas. Selain itu, guru-guru juga diharapkan mampu menghasilkan instrumen soal yang baik sebagai instrumen yang akan digunakan dalam PTK yaitu instrumen soal yang bersifat valid dan reliabel. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan kegiatan ini adalah ceramah dan praktikum sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan kuesioner. Hasil kegiatan ini adalah peserta memahami cara penyusunan proposal dan laporan PTK dan mampu melakukan pengujian validitas dan reliabilitas instrumen soal dengan menggunakan Microsoft Excel dan SPSS. Kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dari peserta dibuktikan dengan rata-rata persentase hasil kuesioner yang diperoleh yaitu sebesar 79,72%
PENDAMPINGAN DALAM PENYUSUNAN LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PENGURUS DAN PENGAWAS KOPERASI KARYAWAN SMK RADEN UMAR SAID KUDUS Aprilia Whetyningtyas; Diah Ayu Susanti
RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Dharmawangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.724 KB) | DOI: 10.46576/rjpkm.v2i2.1094

Abstract

Pengabdian masyarakat ini memiliki tujuan diantaranya: (1) Untuk dapat memberikan pengetahuan kepada pengurus dan pengawas koperasi mengenai modal koperasi, rapat anggota tahunan dan perolehan Sisa Hasil Usaha, (2) Meningkatkan kemampuan pengurus dan pengawas koperasi dalam mengimplementasikan penyusunan laporan keuangan koperasi yaitu Neraca dan Perolehan Sisa Hasil Usaha, (3) Meningkatkan kemampuan baik pengurus maupun pengawas koperasi terhadap implementasi penyusunan laporan pertanggungjawaban tahunan.  Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini diantaranya melalui pelatihan dan pendampingan penyusunan laporan pertanggungjawaban tahunan bagi para pengurus dan pengawas koperasi karyawan SMK Raden Umar Said Kudus. Kegiatan pendampingan ini diawali dengan persiapan, kemudian implementasi pelaksanaan dan dilanjutkan dengan monitoring. Hasil dari kegiatan pendampingan ini, pengurus dan pengawas koperasi karyawan SMK Raden Umar Said Kudus sudah mampu menyusun laporan pertanggungjawaban tahunan dengan baik dan benar sebagai syarat dalam menyelenggarakan kegiatan Rapat Anggota Tahunan. Kegiatan ini dapat memberikan kontribusi serta manfaat untuk pengawas maupun pengurus koperasi karyawan SMK Raden Umar Said Kudus sehingga dapat menyelenggarakan kegiatan Rapat Anggota Tahunan.

Page 1 of 40 | Total Record : 396