Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 5 No 1 (2024): DE_Journal

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOLABORATIF GRINRE PADA PERKULIAHAN KONSEP DASAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Nancy Angelia Purba Purba (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia)
Vita Riahni Saragih (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Pembelajaran kolaboratif GEINRE (Group Investigation Revisi) menawarkan suatu persaingan yang manusiawi dan menghargai adanya keberagaman. Karakter atau perilaku harus dimulai dari dini dimulai dan dideteksi yakni pembelajaran yang bersifat kolaboratif dan mengakui keberadaan yang saling terhubung dari satu pribadi ke pribadi yang lain yang menekankan aspek kerjasama serta memiliki karakter dalam kehidupan sehari-harinya. Urgensi penelitian didasari dari adanya Kurikulum Merdeka Belajar yang menekan pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik yakni pada kebutuhan dan minat peserta didik dengan memperhatikan konten, proses, produk, pendidik (guru atau dosen), dapat menyesuaikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian proses pembelajaran agar kesemua tahapan proses dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik dan membantu kesuksesan pembelajaran mereka. Artinya, Ketika pembelajaran berpusat kepada peserta didik dibutuhkan sebuah kolaboratif sehingga peserta didik aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian untuk menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran yang dapat digunakan dosen dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan 4-D (four D Model). Hasil Tanggapan Responden Terhadap Kelayakan Isi/Materi diperoleh 78%, Tanggapan Responden Terhadap Komponen Kebahasaan sebesar 73%, Tanggapan Responden Terhadap Penyajian Materi 77%, Tanggapan Responden Terhadap Komponen Grafika 71% menunjukkan bahwa pembelajaran Konsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia dapat meningkatkan pemahaman materi, mengembangkan keterampilan sosial, meningkatkan motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis, meningkatkan kreativitas, inovasi dan keterampilan manajemen waktu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...