ULIL ALBAB
Vol. 2 No. 10: September 2023

Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Perawatan Sepeda Motor Yamaha di Kota Negara

Zaina Walida (Universitas Terbuka)
Husnul Muamilah (Universitas Dipa Makassar)
Fachriyahthul Jannah (Universitas Dipa Makassar)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi tingkat kepuasan konsumen atas kualitas pelayanan jasa perawatan sepeda motor Yamaha di Kota Negara dan untuk mengetahui indikator-indikator yang perlu diprioritaskan oleh perusahaan untuk dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Metode ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang telah berumur 17 tahun dan sudah pernah merawat kendaraannya pada tempat perawatan atau bengkel resmi sepeda motor Yamaha di kota Negara sebanyak 95 orang konsumen dijadikan sampel pada penelitian ini.dengan data primer melalui wawancara dan pengamatan langsung atau observasi. Untuk memecahkan permasalahan digunakan Analisis Teknis Tingkat Kepentingan (Importance Performance Analiysis), dari hasil penilaian dari 95 orang responden, diketahui bahwa keseluruhan skor rata-rata pada kinerja perusahaan (kualitas pelayanan) sebesar 3,76 yang berarti kinerja perusahaan, dinilai baik oleh responden. Sementara tingkat kepentingan akan kepuasan rata-ratanya adalah 3,92 yang berarti konsumen menilai semua atribut-atribut dimensi kualitas jasa yang digunakan dalam penelitian itu penting. atribut yang dianggap penting oleh pelanggan, tetapi hasilnya dianggap belum puas adalah kenyamanan ruang tunggu, kemudian ketepatan waktu pelayanan dan kemampuan memberikan pelayaan.

Copyrights © 2023