Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum dan sesudah diajar dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran direct instruction; (2) menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan model pembelajaran direct instruction terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; dan (3) menganalisis perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan model pembelajaran direct instruction terhadap siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan model pembelajaran direct instruction terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; dan (2) ada perbedaan yang signifikan antara pengaruh penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Copyrights © 2023