Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 11, No 3 (2023)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Rahmi Nurul Maulidya (Unknown)
Arvyaty Arvyaty (Unknown)
Rahmad Prajono (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum dan sesudah diajar dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran direct instruction; (2) menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan model pembelajaran direct instruction terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; dan (3) menganalisis perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan model pembelajaran direct instruction terhadap siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan model pembelajaran direct instruction terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; dan (2) ada perbedaan yang signifikan antara pengaruh penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...