Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 12, No 1 (2024)

PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Rahma Sari (Unknown)
Rahmad Prajono (Unknown)
La Ode Ahmad Jazuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Posttest Only Design. Tujuannya untuk (1) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diajar dengan model Learning Cycle 7E; (2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diajar dengan model pembelajaaran konvensional; (3) menguji adanya pengaruh model Learning Cycle 7E terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Sampel ditentukan melalui teknik Random Sampling sehingga diperoleh kelas VIII3 (eksperimen) dan kelas VIII1 (kontrol). Data penelitian berupa lembar observasi dan tes kemampuan komunikasi matematis. Tingkat kemampuan siswa yang diajar dengan model Learning Cycle 7E mencapai rata-rata 76,308 dan standar deviasi 14,285, sedangkan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional mencapai rata-rata 60,615 dan standar deviasi 17,305. Berdasarkan uji hipotesis digunakan uji Independent Sample t-test diperoleh nilai < 0,05. Analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model Learning Cycle 7E terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tongkuno.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...