Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathmematics Education sebagai pendekatan pembelajaran terhadap kemampuan siswa untuk berpikir kreatif di kelas VIII SMP Negeri 1 Wadaga. Para peserta didik berada di tiga kelas pada tahun ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini, metode pemilihan sampel purposive digunakan. Kelas VIII2 ditetapkan untuk menjadi kelas eksperimen, dan Kelas VIII3 ditetapkan untuk menjadi kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan Desain Kontrol Grup Post-Test-Only. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dan soal uraian. bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tingkat keterlaksanaan pembelajaran dengan Pendekatan RME oleh guru dan siswa cukup meningkat setiap pertemuan. Selain itu, pendekatan ini memiliki dampak positif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wadaga.
Copyrights © 2024