Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 7, No 1 (2024): Juni 2024

Systematic Review Of Relationship Stunting With Intelligence Of Elementary School Children

Alfira Alfira (Master of Biomedical science, Faculty of Medicine, University of Sumatera Utara)
Dina Keumalasari (Departement of Nutrition, Faculty of Medicine, Universitas Sumatera Utara, Indonesia)
Nuraiza Meutia (Departement of Physiology, Faculty of Medicine, Universitas Sumatera Utara, Indonesia)
Arlinda Sari Wahyuni (Departement of Public Health, Faculty of Medicine, Universitas Sumatera Utara, Indonesia)
Oslida Martony (Departement of Nutrition, Poltekkes Ministry of Medan, Indonesia)
Armansyah Maulana Harahap (Program Studi Farmasi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Haji Sumatera Utara, Medan)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2024

Abstract

Satu dari tiga anak di Indonesia mengalami stunting. Stunting dapat berdampak pada perkembangan motorik dan verbal, meningkatkan penyakit degeneratif, morbiditas dan mortalitas. Selain itu, stunting akan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan sel neuron terhambat, sehingga mempengaruhi perkembangan kognitif pada anak. Dampak yang ditimbulkan oleh stunting terhadap perkembangan kognitif pada anak berbeda-beda, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja dampak stunting terhadap kemampuan kognitif pada anak. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur sistematis yang diambil dari jurnal nasional dan internasional. Berdasarkan hasil review, ditemukan bahwa stunting memiliki implikasi biologis terhadap perkembangan otak dan neurologis yang diterjemahkan ke dalam penurunan nilai kognitif. Stunting yang parah dengan Z-skor -3SD dari indeks panjang badan menurut umur atau tinggi badan menurut umur anak memiliki dampak negatif terhadap tumbuh kembang anak. Selain itu, anak yang mengalami stunting pada 2 tahun pertama kehidupannya cenderung memiliki IQ non-verbal di bawah 89 dan IQ 4,57 kali lebih rendah dari IQ anak yang tidak mengalami stunting. Disimpulkan bahwa stunting memberikan pengaruh negatif terhadap kemampuan kognitif anak yang berdampak pada prestasi belajar.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...