Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 7, No 1 (2024): Juni 2024

Pengembangan LKPD Sistem Pencernaan Terintegrasi Nilai Keislaman untuk Siswa Kelas VIII MTS N2 Lampung Timur

Dwi Ayu Rahmawati (Tadris Biologi IAIN Metro)
Nasrul Hakim (Tadris Biologi IAIN Metro)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2024

Abstract

Bahan ajar hendaknya memudahkan pemahaman siswa terhadap bahan pelajaran. PermasalahanĀ  yang dialami siswa di sekolah adalah bahan pelajaran yang ada hanya berupa LKS. Penelitian semacam ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah atau tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Ini adalah bagian dari penelitian metode RD (pengembangan). Partisipan dalam penelitian ini adalah para pengajar dan siswa IPA di VIII MTS N 2 Lampung Timur. pembuatan LKS terintegrasi untuk siswa kelas VIII MTS N 2 Lampung Timur yang memasukkan prinsip-prinsip Islam ke dalam pembelajaran sistem pencernaan manusia dapat disimpulkan bahwa dari hasil validasi ahli materi sebesar 89% dengan kategori sangat layak dan hasil akhir ahli media 87% berada pada kategori layak, dan kemudian layak untuk pengujian dan akuisisi. Hasil respon guru dan siswa sebesar 90,60% dan 92,20%, hasil sangat baik dan layak digunakan sebagai sumber materi pendidikan misalnya. siswa semester ganjil kelas VIII MTS/SMPĀ  pada kurikulum merdeka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...