JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 4 No. 2 (2024): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA

Pengaruh Model Pembelajaran RADEC terhadap Pemahaman Konsep dan Kolaborasi Siswa Kelas V pada Materi Bencana Alam

Tasya Aprillianti Putri (Universitas Pendidikan Indonesia)
Enjang Yusuf Ali (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ali Ismail (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2024

Abstract

Pendidikan harus fokus pada pemahaman berbagai konsep dan keahlian yang diperlukan siswa agar dapat menghadapi tantangan abad ke-21. Pemahaman konseptual dan keterampilan kolaboratif siswa siswa belum maksimal. Hal tersebut dikarenakan pemilihan model pembelajaran yang biasanya didominasi oleh guru, isi kurikulum cenderung tidak kontekstual, tujuan pembelajarn jarang dirumuskan pada pemahaman yang mendalam, tidak adanya kerja sama tim dalam menyelesaikan tugas kelompok, melimpahkan tanggung jawab pada satu anggota kelompok, dan lain sebagainya. Studi ini dilakukan untuk melihat bagaimana model pembelajaran RADEC memengaruhi pemahaman konseptual dan keterampilan kolaboratif siswa kelas lima dengan materi bencana alam. SD Negeri Tanjungsari II menjadi lokasi penelitian ini. Sampel yang digunakan adalah 33 siswa dari kelompok eksperimen dan 32 siswa dari kelompok kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental research pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian pemahaman konseptual dan lembar observasi keterampilan kolaborasi. Uji Mann-Whitney memperlihatkan adanya perbedaan peningkatan dalam pemahaman konseptual yang signifikan antara kedua kelas. sebagai nilai signifikansi (two-tailed) data N-Gain 0,000 lebih kecil dari 0,05. Siswa di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran RADEC memiliki keterampilan kolaborasi yang secara signifikan lebih rendah daripada siswa di kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional, menurut hasil uji Mann-Whitney. Nilai asymp. sig. (two-tailed) untuk hubungan antara kemampuan kolaborasi siswa adalah 0,000 kurang dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran RADEC dapat mempengaruhi pemahaman konsep dan kolaborasi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...