Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta (DIMASETA)
Vol 3 No 1 (2024): Juni 2024

Manajemen Pemasaran UMKM Keripik Kentang di Era Digital pada Desa Wisata Margaluyu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Nurul Giswi Karomah (Politeknik LP3I Jakarta)
Ria Estiana (Politeknik LP3I Jakarta)
Hesti Rian (Politeknik LP3I Jakarta)
Darmawan (Politeknik LP3I Jakarta)
Rahayu Tri Utami (Universitas Ichsan Satya)
Handa Gustiawan (STMIK MH Thamrin)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia bisnis. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor pangan, seperti produsen keripik kentang, perlu mengadopsi strategi pemasaran digital untuk tetap kompetitif. Artikel pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan instruksi kepada UMKMkeripik kentang di Desa Wisata Margaluyu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mengenai manajemen pemasaran di era digital. Kegiatan ini mencakup pelatihan penggunaan media sosial seperti Instagram dan TikTok, optimasi mesin pencari (SEO), serta pembuatan dan pengelolaan website. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta mengenai pemasaran digital,peningkatan penjualan, dan perluasan jangkauan pasar. Program ini juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh UMKM, seperti keterbatasan sumber daya dan pengetahuan teknologi. Melalui pelatihan yang berkelanjutan dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan UMKM keripik kentang di Desa Wisata Margaluyu dapat memanfaatkan teknologi digital secara optimal untuk mengembangkan bisnis mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Dms

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta (DIMASETA) merupakan jurnal pengabdian yang diterbitkan oleh STIE Surakarta. DIMASETA bertujuan mengakomodir pengabdian para dosen dan pengabdi untuk diterbitkan, Terbitan pertama pada bulan Juni 2022 di volume 1 nomer 1 engan Nomor ...