JEBDEKER: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Entrepreneur
Vol 4 No 2 (2024): Juni 2024

Strategi Digital Marketing Desa Wisata (Studi Kasus: Desa Wisata Nglanggeran)

Zaki, Ahmad (Unknown)
Hidayati, Alfi (Unknown)
Syah, Dya Kurnia Athailah (Unknown)
Amalia, Ratna Nur (Unknown)
Kozun, Salma Nur Purwaning (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian yang dilakukan untuk meninjau tentang penerapan digital marketing strategi yang dilakukan pihak pengelola desa wisata yakni Desa Wisata Nglanggeran. Dari banyaknya desa siaga, Desa Wisata Nglanggeran adalah salah satu desa wisata di Yogyakarta yang telah menggunakan digital marketing sebagai strategi pemasarannya. Pemasaran digital merupakan cara promosi dimana prosesnya menggunakan internet atau alat-alat digital lain dalam memberikan berbagai informasi terkait wahana dan destinasi tersebut untuk menumbuhkan awareness dan minat wisatawan. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian didapatkan melalui studi pustaka serta studi dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Desa Wisata Nglanggeran telah menerapkan strategi pemasaran digital marketing mulai dari website serta laman sosial media anatara lain Twitter, Facebook (FB), Youtube, Instagram (IG), serta Tiktok. Namun, salah satu akun instagram pada objek wisata Desa Nglanggeran yaitu gunung api purba (@gunungapipurba) masih kurang aktif dalam membagikan kegiatan desa wisata maupun destinasi wisata gunung api purba itu sendiri. Disarankan bagi pengelola Desa Wisata Nglanggeran lebih memaksimalkan penggunaan digital marketing ini baik di instagram ataupun seluruh sosial media yang dikelola. Dengan pengelolaan digital marketing yang baik diharapkan mampu mempertahankan dan mengembangkan Desa Wisata Nglanggeran agar tetap eksis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jebdeker

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Artikel ilmiah yang dipubikasi dalam JEBDEKER adalah semua aspek dengan scope sebagai berikut: 1. Ekonomi 2. Akuntansi: Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Pajak, Audit, Akuntansi Biaya, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi UMKM. 3. Manajemen: Manajemen Pemasaran, Manajemen Strategik, ...