Abstrak                               Pandemi Covid-19 telah membuat proses pembelajaran di sekolah berubah dari pertemuan secara tatap muka menjadi pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran daring, faktor pendukung, serta faktor penghambat guru dalam melaksanakan pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu guru SMP Negeri 2 Gatak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket tertutup dan angket terbuka. Hasil penelitian ini bahwa SMP Negeri 2 Gatak secara sepenuhnya menerapkan pembelajaran daring yang berpedoman dengan surat edaran Kemendikbud dengan menggunakan aplikasi berupa google classroom dan whatsapp grup. Model pembelajaran yang digunakan sebagian besar berupa penugasan dengan bentuk soal esai yang dikumpulkan dalam batas waktu tertentu. Namun, siswa dinilai kurang antusias dengan pembelajaran online. Terdapat beberapa faktor pendukung guru dalam proses pembelajaran online yaitu tersedianya berbagai fasilitas pembelajaran dan adanya kerjasama dengan orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran online adalah siswa kurang aktif. Untuk meningkatkan aktivitas siswa, guru berusaha membuat model pembelajaran yang menarik dan memotivasi siswa.Kata kunci: proses pembelajaran, daring, Covid-19
Copyrights © 2021